Waspadai Kemacetan Jalur Selatan Pada Arus Mudik Dan Arus Balik Lebaran 2018

oleh
Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., memberikan keterangannya terkait dengan kesiapan arus mudik dan arus balik, Kamis (7/6/2018).
Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., memberikan keterangannya terkait dengan kesiapan arus mudik dan arus balik, Kamis (7/6/2018).

BANDUNG,- Polda Jabar mengingatkan warga masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran ke daerahnya masing-masing melalui jalur selatan Jawa Barat agar mempersiapkan kendaraannya dan kondisi dengan baik, karena ada potensi kemacetan lalu lintas disebabkan peningkatan jumlah pemudik beberapa hari kedepan sampai dengan puncaknya jelang Hari Raya Idul Fitri.

Polda Jabar sudah mengambil langkah untuk mengantisipasi hal tersebut, “Di Cikaledong ada bottle neck (penyempitan jalan) dari tiga lajur jadi satu lajur, pasti akan ada crowded. Sehingga antisipasi kami akan merekayasa jalan. Masuk Garut ada pasar tumpah dan Tasikmalaya ada Jalur Gentong, untuk mengantisipasinya rekayasa jalan dengan one way. Kalau Gentong dikuras maka ekor hingga Limbangan bisa lancar,” ungkap Kapolres Bandung, saat giat kunjungan Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si., ke Cileunyi dan Nagreg, 28 Mei lalu.

Dibeberapa titik di Kabupaten Garut, andong (delman) seminggu sebelum hari H juga sudah diarahkan untuk tidak beroperasi untuk mengurangi kemacetan.

“Harapan saya meski jalan tol sudah beroperasi sampai Pemalang, para pemudik tidak berangkat berbarengan. Artinya bergilir, ada yang berangkat jumat, besok sabtu dan minggu. Tapi kalau jalur selatan saya tidak jamin karena jalurnya cuma itu saja, paling kita bisa atur dengan sistem buka tutup, one way, di stop dari bawah atau sebaliknya,” kata Kapolda saat memberikan keterangannya seusai acara buka puasa bersama dengan jurnalis di Grand Serela, Hegarmanah, Kota Bandung, (7/6/2018).

Kapolda Jabar Gelar Silaturahmi Dan Buka Puasa Bersama Dengan Jurnalis

Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si., dikesempatan sebelumnya pada kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama dengan para jurnalis, yang dihadiri oleh Waka Polda Jabar Brigjen Pol Supratman, Kabid Humas AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko, jajaran PJU Polda Jabar, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo, mengungkapkan terima kasih atas hubungan yang terjalin selama ini dengan jurnalis dan jajaran awak media.

“Saya atas nama pimpinan Polda Jabar mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerjasama selama ini dengan rekan-rekan media, kami merasa terbantu karena ada kegiatan-kegiatan yang bisa dipublikasikan terutama dalam menyejukan masyarakat,” ucap Kapolda.

Dijelaskan oleh Kapolda, “Saya sangat paham, rekan-rekan jurnalis dalam mencari berita tentu sesuai dengan data-data dan fakta dilapangan. Terus terang kami kadang-kadang tidak bisa menyampaikan informasi seketika diungkapkan karena ada konteks yang harus kami lindungi, dalam konteks yang betul-betul kasus maka kami hold dulu, seperti kejadian pornografi pencabulan yang melibatkan anak-anak, itu kan temen-temen menanyakan dimana, mohon maaf itu untuk melindungi hak asasi anak itu sendiri, sehingga kami tidak berikan visinya,” kata kapolda lagi.

“Termasuk ada beberapa kasus yang kami perlu ungkap lagi, kami hold dulu, setelah semuanya terungkap kami akan publikasikan,” imbuh Kapolda.

Dijelaskan lagi oleh Kapolda, “Tentunya sekarang ini kita sudah masuk pada Operasi Ketupat. Harapan kami juga pada rekan-rekan, secara fakta kami tidak merekayasa apa yang sudah dikerjakan polisi, kalau memang positif silahkan dipublikasikan, kalau memang ada pelanggaran juga silahkan untuk diperlakukan sama. Karena memang kita sekarang medianya sudah digital, global, dan transparan. Terlebih dengan hadirnya media baru, seperti youtube dan lain sebagainya,” jelas Kapolda.

“Saya juga merasa terbantu oleh rekan-rekan pers pasca informasi hoaks penyerangan beberapa ulama, teman-teman segera menyikapi dan menyampaikan secara bijak dan sejuk, sehingga masalahnya tidak berkembang,” tutur Kapolda.

Terakhir Kapolda menyampaikan pesan, semoga kerjasama dan sinergi yang baik ini bisa senantiasa berlanjut dan ditingkatkan, teman-teman kepolisian diberikan kekuatan dalam memberikan perlindungan dan pelayan kepada masyarakat, bangsa dan negara, pungkasnya. [St]

Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., pada kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama dengan jurnalis, Kamis (7/6/2018).
Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., pada kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama dengan jurnalis, Kamis (7/6/2018).

Comments

comments