Polda Jabar Launching Operasi Pasar Murah Sembako

oleh -
Operasi Pasar
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Yusri Yunus saat menjelaskan launching Operasi pasar murah sembako di Mapolda Jabar, (19/5).

BANDUNG, Polda Jabar akan menggelar launching operasi pasar murah sembako di Mapolda Jabar Jl. Soekarno Hatta Kota Bandung pada hari, Senin (22/5).

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Yusri Yunus kepada sorotindonesia di Mapolda Jabar Jl. Soekarno Hatta Kota Bandung, (19/5).

“Gelaran operasi pasar sembako itu nanti dilaksanakan di Polda dan di tingkat Polres, tapi kita lihat situasinya. Ini sebagai bentuk tindakan preemtif dan preventif kita kepada masyarakat selama bulan Ramadhan,” terang Yusri.

Dikatakan oleh Yusri bahwa operasi pasar ini akan dilaksanakan sampai H-3 Idul Fitri. Sembako yang akan disiapkan diantaranya beras, gula, daging, bawang dan lain-lain. “Kegiatan ini untuk menekan permainan dari pedagang dan distributor nakal,” tegasnya.

Kombes Pol. Yusri Yunus juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan tindakan preventif dengan dibentuknya Timsus Operasi Pangan, yang nanti akan rutin patroli ke pasar-pasar. Dalam timsus juga sudah disiapkan perangkat tim penegakan hukum.

Penegakan hukum ini menurut Yusri untuk menindak spekulan-spekulan atau distributor nakal. “Akan selalu di cek jalur distribusinya, itu semua sudah kita maping,” jelasnya.

Pihak kepolisian tidak akan memberikan kesempatan kepada spekulan dan penimbun sembako untuk main-main, “jika ditemukan ada pelanggaran kita bisa kenakan UU Pangan, UU Konsumen, atau UU yang terkait lainnya,” ungkap Yusri.

Dalam timsus dilibatkan instansi-instansi seperti BPOM dan Perindag serta instansi terkait. Ketua tim satgasnya ada di Dirkrimsus Polda Jabar, sedangkan ketua di tingkat Polres adalah Kasatreskrim.

Pada operasi pasar yang akan digelar, Polda Jabar akan bekerjasama dengan diantaranya pihak Bulog. (St)

Comments

comments