Polda Jabar Gandeng HIMPSI Gelar Pelatihan Fungsi Koselor Psikologis

oleh -
Polda Jabar Gandeng HIMPSI Gelar Pelatihan Fungsi Koselor Psikologis

PELATIHAN KONSELING PSIKOLOGI POLRI KEPADA PERWAKILAN DIT POL AIR, SAT BRIMOB, SPN DAN POLRES JAJARAN POLDA JABAR TAHUN 2018

BANDUNG,- Untuk menjaga profesionalisme Polri, Polda Jawa Barat Biro SDM Bag Psikologi menggandeng Himpsi Jabar menggelar pelatihan bagi personel Polri yang mengemban fungsi Konselor Psikologis selama 2 hari, dari tanggal 12 hingga 13 Desember 2018, yang dilaksanakan di Shakti Hotel, Bandung.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol Bariza Sulfi didampingi oleh Kabag Psi Ro SDM Polda Jabar AKBP Heri Fatnanta, S.Psi., Psi dan Kabag Dalpers AKBP Sudrajad Hariwibowo, S.I.K, M.Si., serta diikuti oleh 72 konselor dari jajaran Polda Jabar.

Pada sambutannya, Karo SDM Polda Jabar menyampaikan, diadakannya pelatihan konselor ini agar kewilayahan pada tingkat polres/Ta/ Tabes dan satker memiliki tenaga yang sudah dilatih sehingga bisa mendeteksi dini terkait para anggota polri yang memiliki permasalahan psikologi.

Dikatakan oleh Bariza Sulfi, berbicara tentang personil Polri, tidak lepas dari peran fungsi Biro SDM Polri untuk membantu pelaksanaan tugas personil Polri secara maksimal.

Tekanan dan tuntutan ancaman yang tinggi dalam pelaksanaan tugas, yang mengancam keselamatan jiwa dan harta masyarakat bahkan personil Polri itu sendiri, menyebabkan beban psikis yang di emban dan ditanggung oleh personil.

Melihat fenomena yang demikian, perlu adanya tindakan dan langkah nyata dari kita semua untuk menanggulangi keadaan tersebut.

Untuk itu, salasatu yang dapat dilakukan bagian psikologi Biro SDM Polda Jabar adalah membantu personil Polri yang mengalami gangguan psikologi sehingga mampu mengembangkan potensi positif, mencegah dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh personil.

“Bentuk dari bantuan tersebut yaitu dengan melakukan bantuan dan konseling secara efektif dan kontinyu terhadap personil Polri yang menghadapi permasalahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Psi Polda Jabar mengatakan, dengan terbatasnya tenaga konselor ditingkat Polda membuat Bag Psi Biro SDM Polda Jabar berfikir dan bekerja ekstra untuk melaksanakan tugasnya.

Selain menangani permasalahan anggota secara langsung, Bag psikologi juga menyelenggarakan pelatihan – pelatihan konselor Polres jajaran dan Satker.

“Dengan adanya konselor Polres jajaran dan Satker, diharapkan menjadi kepanjangan tangan dari Bag Psikologi polda yang akan melakukan tindakan psikologi awal terhadap anggota yang mengalami masalah,” terang Kabag Psi Biro SDM Polda Jabar. [*]

 

Comments

comments