PMI Distribusikan 253 Tandon Air Di Palu, Sigi Dan Donggala

oleh
PMI Distribusikan 253 Tandon Air Di Palu, Sigi Dan Donggala

sorotindonesia.com | Sigi, – Palang Merah Indonesia (PMI) terus berupaya meningkatkan layanan dalam mendukung keberlangsungan hidup masyarakat Palu, Donggala, dan Sigi. Sebanyak 253 buah tandon atau tampungan air bersih berbagai ukuran telah didistribusikan PMI di area pengungsian yang ada.

Menurut Kasubdiv Kesiapsiagaan Bencana Alam PMI Pusat, Ridwan Sobri, distribusi tampungan air bersih tersebut dilakukan sesegara mungkin dengan beberapa aspek pendukung. Respon cepat yang diberikan mempertimbangkan kebutuhan dasar akan air yang mana dalam layanan air bersih menyatu dengan Water Sanitation and Hygiene (WASH).

“Tandon sudah dilengkapi dengan akses pipa saluran dan kran serta perlengkapannya sehingga masyarakat tinggal memakainya” kata Ridwan, sesuai rilis yang disampaikan kepada redaksi, Jumat (9/11/2018).

Diterangkan, tandon yang didistribusikan memiliki variasi ukuran yang berbeda, yakni ukuran 320 liter, 500 liter dan 1100 liter, dan didistribusikan berdasarkan penyesuaian lokasi, permintaan, jumlah penerima manfaat, dan akses sarana air bersih.

Sementara itu petugas logistik PMI Sigi, Via Kurniawati, menerangkan prosedur atau proses distribusi tandon air bersih terlebih dahulu diawali dengan proses asesmen (pendataan) yang mana pengumpulan data meliputi banyak hal, dan telah melakukan survey ke lokasi. Hasil asesmen tersebut merupakan hasil dari pertimbangan matang antara permintaan masyarakat dengan kebutuhan yang meliputi jumlah penerima manfaat, serta ketersediaan akses lainnya.

“Tandon air bersih ini memang sangat diperlukan oleh masyarakat, mengingat sumur warga kebanyakan mengering akibat gempa, namun permintaan tetap harus sesuai prosedur,” ungkapnya Via Kurniawati di Pos PMI Kabupaten Sigi.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, H.M Hidayat Lamakarate, mengungkapkan ada dua kebutuhan utama masyarakat yang segera harus dipenuhi selain sembako dan tenda darurat yakni kebutuhan air bersih dan tandon penampungan air. Pernyataan tersebut dialamatkan langsung kepada PMI agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Atas segala upaya yang ada, Kepala Dusun 2, Desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi, Ali Muhamad mengaku sangat terbantu dan mengungkapkan terima kasih kepada PMI, “Ini sangat bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat di lingkungan ini, terima kasih atas segala perhatian dan bantuan serta pendampingan yang selama ini diberikan oleh PMI” ungkapnya singkat. (arh)

Comments

comments