Petani Tadah Hujan di Banjar Kesulitan Tanam Padi

oleh -

Banjar,SII. Musim kemarau yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Kota Banjar Jawa Barat, para petani yang ada di Desa Langensari Kecamatan Langensari Kota Banjar dengan lahan pertanian dengan sistem tani tadah hujan dimusim kemarau saat ini kesulitan untuk menanam padi, para petani disini umumnya beralih menanam palawija, kondisi ini diungkapkan oleh Ibu Mujiono, salah satu petani saat ditemui di lahan garapannya, Jum’at (21/07/2017).

Mujiono menjelaskan bahwa sudah dua musim panen ini dirinya terus merugi, biasanya kalau normal panen padi bisa mencapai tiga kuintal atau empat kuintal, tapi didua musim panen ini cuma mendapat setengah karung, tambahnya.

Mujiono menerangkan lagi, kegagalan panen kemarin dikarenakan diserang hama wereng, “itu yang saya alami,” terang Mujiono. Ia berharap pemerintah bisa membantu untuk para petani dalam membasmi hama wereng, dan juga membeĊ•i penyuluhan kepada para petani, harap Mujiono. 

Sekretaris Desa Langensari, Dadang, membenarkan keluhan warganya tersebut saat ditemui oleh wartawan di ruang kerjanya, bahwa lahan pesawahan yang ada diwilayahnya tersebut memang sistem tadah hujan, apabila musim kemarau tiba seperti saat ini para petani untuk mendapatkan hasil dari lahan pertaniannya, beralih menanam palawija, ujarnya. (Herman)

Comments

comments