Persiapan Gelar IVCA 2018, Kosti Tandatangani MoU dengan IHGMA

Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah kongres International Veteran Cycle Association (IVCA) tahun 2018, gelaran ini merupakan ajang bergengsi bagi penggemar sepeda tua, dan puncak acara ini akan dipusatkan di Bali pada tanggal 12-16 April 2018 mendatang.

Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah berdasarkan pada kongres IVCA tahun 2013 yang diselenggarakan di Vaseli Nad Mouravou, Republik Ceko. Gelaran ini sendiri sudah menginjak 37 tahun sejak pertama kali diadakan di Belton House Inggris tahun 1981 silam.

Ketua Kosti (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) Ir Joko Rinto Prihartono menerangkan pada awak media bahwa menjadi tuan rumah penyelenggaraan IVCA ini rebutan dengan negara-negara di Eropa, dan ternyata yang di acc oleh Presiden IVCA adalah Indonesia, karena Indonesia sudah menunjukan aturan mainnya, “Kalau ingin menjadi tuan rumah kongres IVCA harus tidak pernah absen (kegiatan) dalam jangka 5 tahun, nah itu telah dilaksanakan oleh Kosti Indonesia, ini sebuah kebanggaan yang luar biasa jadi ini adalah jarak negara yang sangat jauh namun antusias masyarakat IVCA sangat bagus karena keanekaragaman budaya di Indonesia yang selalu kita presentasikan di pertemuan di Eropa,” terang Joko.

Ditambahkan oleh Joko bahwa peserta dari luar negeri yang akan hadir tidak kurang dari 300 peserta yang mewakili lebih dari 30 negara. Peserta lokal sendiri yang akan ikut serta bisa mencapai 11 ribu, ini akan sekaligus sebagai upaya pemecahan rekor jumlah peserta terbanyak.

Untuk menambah semaraknya gelaran IVCA di Bali, sudah dipersiapkan acara kirab estafet yang mengambil start di Pantai Anyer (Banten) menuju Pantai Sanur (Bali) berjarak sekitar 12 ribu KM, yang dimulai tanggal 29 Maret dan ditargetkan tiba di Bali tanggal 14 April. 

MoU Kosti dan IHGMA untuk Suksesnya IVCA 2018 Bali

Bertempat di GOR Sport Jawa Barat Jl Arcamanik, Kota Bandung, telah dilaksanakan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara Kosti dan IHGMA, pada hari Minggu (23/9/2017). Penandatanganan ini bertepatan dengan acara sepeda tingkat nasional bertajuk Bandung Pedal Power. 

MoU ini disepakati untuk mensukseskan penyelenggaraan IVCA 2018 di Bali. Hadir mewakili IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association) Christian Gumala dan Joko Rinto Prihartono dari Kosti. 

Menurut Christian Gumala, adalah kewajiban warga negara dan pelaku wisata di Indonesia sebagai tuan rumah event internasional agar turut serta aktif didalam menyukseskan acara tersebut, maka semua member yang tergabung dalam DPD-DPD IHGMA yang ada di 33 provinsi dan khususnya yang dilewati oleh peserta kirab nasional untuk mendukung dan mempromosikan acara tersebut. 

IHGMA menandatangani MoU bersama Kosti dalam rangka IVCA 2018 Bali
DPP IHGMA, Christian Gumala

Kepada wartawan Ketua Kosti Joko Rinto Prihartono, ini menyangkut pariwisata yang tarafnya internasional, jadi peserta lokal dan mancanegara diharapkan mendapat keringanan dan kemudahan memperoleh fasilitas hotel dan restoran yang sudah ikut dalam organisasi IHGMA. MoU ini tidak mengikat pada acara IVCA saja, tetapi event-event lain yang bertaraf nasional dan internasional. 

Ketua Kosti dalam Acara Persiapan IVCA 2018 Bali
Ketua KOSTI Pusat, Ir. Joko Rianto Prihartono

Gelaran IVCA ini merupakan ajang berkumpulnya para onthelis (sebutan untuk penggemar sepeda tua) dari seluruh dunia dan pengenalan berbagai model sepeda tua dari pabrikan yang beragam. Diyakini acara ini merupakan salasatu kesempatan yang baik untuk kita memperkenalkan secara langsung kebudayaan Indonesia di mata dunia. (*)

 

 

 

Comments

comments