Perkuat Kaderisasi, IPNU dan IPPNU Genuk Makesta

oleh

SEMARANG – Sebagai organisasi yang produktif, harus kuat dalam mencetak kader dan jelas dalam mekanisme pembinaannya. Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) sebagai tatanan awal organisasi dalam IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) perlu digiatkan sejak tingkatan PAC (Pimpinan Anak Cabang). Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua IPNU Kota Semarang, M Shibahul Khoir seusai penutupan makesta (26/12/2017).

“Memupuk semangat berorganisasi dengan menghadirkan para senior yang sukses memang penting. Namun, mekanisme pembinaan paska kegiatan ini merupakan hal yang jauh lebih penting.” Katanya saat diwawancarai.

“Peran para alumni atau senior itu lebih pada motivator. Bukan pemateri. Karena untuk menjadi fasilitator dan pemateri sudah ter-cover oleh pengurus yang ada, sesuai dalam aturan jenjang pendidikan kaderisasi.” Tambah mahasiswa fakultas Ushuluddin UIN Wali Songo Semarang.

Sementara itu, Ketua IPPNU Kota Semarang, Umi Fatichatun Nasichah memberikan apresiasi kepada PAC (Pimpinan Anak Cabang) Genuk atas kegiatan tersebut. Mahasiswi Unwahas tersebut juga mengingatkan peran penting kader IPNU dan IPPNU di tengah masyarakat. “Atas nama pribadi dan organisasi, saya ucapkan terima kasih atas kegiatan ini, saya merasa bangga dengan kegiatan yang secara kuantitas ini melebihi yang ditargetkan.” Kata Umi.

“Untuk itu perlu kiranya kita jaga dan rawat bersama para kader yang ada ini agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih di tengah arus politik yang sering mengaitkan pada ideologi keagamaan.” Imbuhnya.

“Semoga hasil dari kaderisasi ini, nantinya bisa berdampak positif terhadap perkembangan remaja masjid yang ada di Genuk.” Harapnya menutup sambutan.

Makesta yang diikuti oleh 100 pelajar dari berbagai kelurahan yang ada di Kecamatan Genuk dilaksanakan di area Lapangan Tembak Kodim 0733 BS selama dua hari sejak kemarin (24/12/2017) dan dibuka oleh wakil ketua MWC (Majlis Wakil Cabang) NU Kecamatan Genuk, Nur Akhlis dengan penyematan tanda peserta secara simbolik. Nur Akhlis berpesan tentang pentingnya kaderisasi NU dimulai dari tingkat pelajar

“Kaderisasi dari usia pelajar itu sangat penting, karena pelajar adalah tolak ukur dari nilai bangsa ini, Syubbanul Yaum Rijalul Ghat” pesannya. [Rifqi]

Comments

comments