Penataan Ranpur, Tank AMX-13 Kodam Brawijaya Digeser

oleh

SURABAYA – Penataan alat utama sistem persenjataan (alutsista) mulai berjalan di lingkungan TNI AD. Saat ini, sebanyak 29 unit kendaraan tempur jenis Tank AMX-13 yang sebelumnya berada di Yonkav 3/AC, telah dipindahkan ke Kodam XII/Tanjungpura, Jumat (29/12/2017).

Tank tersebut diangkut dengan menggunakan Kapal ADRI XLIX, yang sebelumnya telah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak, Kota Surabaya.

Letkol Cba Ir. Kahardi menuturkan, pemindahan kendaraan tempur tersebut telah dimulai semenjak tanggal 15 Desember lalu. Pemindahan itu, akan terbagi menjadi beberapa tahap. “Total seluruhnya ada 29 unit, tahap pertama sejumlah 14 unit pada tanggal 15 Desember dan tahap kedua sebanyak 15 unit pada 29 Desember 2017. Pemindahan ini bertujuan untuk memenuhi kekuatan Alutsista ranpur di Yonkav 12/BC,” ungkap Kepala Terminal Pembekalan Angkutan-2 (Termbekang) ini.

Selanjutnya, kata Kahardi, beberapa unit tank tersebut nantinya akan berlabuh ke Pelabuhan Dwikora, Pontianak terlebih dahulu sebelum dikirim ke lokasi tujuan (Yonkav 12/BC).

“Sesampainya disana, kondisi Tank akan di cek ulang,” tuturnya.

Selain ranpur jenis Tank AMX-13, beberapa alutsista juga dikirim oleh Terbekang-2 Surabaya guna menunjang kinerja Satuan Yonkav 12/BC, termasuk diantaranya ialah beberapa koli amunisi, Alhar, sekaligus senjata dan laras cadangan.
Perlu diketahui, Termbekang-2 merupakan satuan pelaksana Direktorat Pembekalan Angkutan Angkatan Darat yang memiliki tugas pokok satuan yaitu menyelenggarakan embarkasi dan debarkasi materiil dan personel TNI AD yang melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.[*]

Comments

comments