Pemberdayaan Dan Infrastruktur Menjadi Prioritas Pemdes Karyamukti

Banjar, ( SI ) – Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat masih menjadi prioritas Pemerintahan Desa (Pemdes) Karyamukti Kecamatan Pataruman Kota Banjar.

Kepala Desa Karyamukti Ajat Sudrajat, saat ditemui wartawan sorotindonesia.com, Kamis ( 05/10/2017 ), diruang kerjanya mengungkapkan, alakosi Dana Desa ( DD ) tahap 2 direalisasikan untuk pembangunan Kantor Desa, ungkapnya.

Pembangunan Kantor Desa dengan anggaran Rp.989 juta, ini diambil dari tahap 2 dan 3, pembangunan Kantor Desa ini direncanakan dua lantai, jelas Ajat.

Dana Desa tahap 2 difokuskan ke pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, untuk infrastruktur kami realisasikan pengaspalan jalan ditiga titik yang ada di tiga Dusun, terangnya.

Lanjut Ajat selain pengaspalan, juga pembangunan Tembok Penahan Tanah ( TPT ), masing – masing berada di Rt 03/05, Rt 05/06, Rt 06/06 Dusun Sukaharja dan di Rt 13/12 Dusun Pabuaran, lanjutnya.

Selain pembangunan infrastruktur, kami juga fokus untuk pemberdayaan masyarakat, yang disalurkan melalui kelembagaan masing – masing yang ada di Desa, melalui pelatihan – pelatihan, Karang Taruna, PKK, BPD, Kelompok Tani dan Lembaga lainnya, terang Ajat.

Sekretaris Desa Karyamukti Ede menambahkan, dalam pemberdayaan kami juga mengadakan program penanaman pohon lengkeng, dengan program satu KK satu pohon lengkeng, jelas Ede.

Untuk program ini kami mengadakan pelatihan kepada para Kelompok Tani, bagaimana cara mengelola tanaman lengkeng supaya hasilnya bisa maksimal, jelasnya.

Lanjut Ede, tahun ini kami sudah memberikan bantuan pohon lengkeng sebanyak 250 pohon, dengan jenis pohon lengkeng kristal mudah – mudahan dengan program ini masyarakat bisa adanya tambahan penghasilan untuk peningkatan ekonomi warga, jelas Ede. ( Herman )

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh pemdes karyamukti
Proses pembangunan Kantor Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman

Comments

comments