Pelatihan Pertolongan Pertama, Usaha Masimalkan Tugas Bankom

oleh
Pelatihan Pertolongan Pertama, Usaha Masimalkan Tugas Bankom
Pelatih dari PMI sedang mempraktekan cara pertolongan pertama dihadapan Bankom Semarang, Minggu (26/8/2018).

SOROTINDONESIA.COM || Semarang,- Bantuan Komunikasi (Bankom) Polrestabes Semarang berupaya memaksimalkan perannya sebagai mitra dengan membekali para personilnya ilmu Pertolongan Pertama (PP). Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, Jalan Soegijopranoto 35, Kota Semarang, hari ini, Minggu (26/08/208).

Ketua Bankom, Giri Purdiyanto menyatakan kegiatan tersebut dilaksanakan karena memandang pentingnya meningkatkan kualitas Bankom. “Kegiatan ini merupakan agenda Bankom untuk meningkatkan kualitas Bankom dalam tugas kemanusiaan, sehingga memahami ketika menangani korban kecelakaan,” kata Giri di sela kegiatan pelatihan.

Selain itu, Giri berharap dapat melaksanakan agenda kerjasama secara berkelanjutan dengan berbagai potensi lain yang ada, “tentu tak berhenti di sini, harapannya tentu bisa berkelanjutan dengan yang lain, SAR, DAMKAR dan sebagainya,” jawaban dia saat ditanya terget kerjasama.

“Hasil lain dari pelatihan pertolongan pertama tentu ada korelasi dengan kepolisian, misalkan dengan berperan dalam melakukan pertolongan pertama sembari menyampaikan informasi adanya kecelakaan, ” terang dia menambahkan.

Sejak didirikan pada 9 Maret 2004, Bankom kini memiliki anggota aktif lebih dari 100 orang. Bankom membutuhkan berbagai keterampilan yang menunjang. Bahkan, lebih dari itu personil Bankom diharapkan bisa melakukan sosialisasi terhadap hal-hal yang telah dipelajari. Sosialisasi dapat dilakukan anggota dengan lingkungannya berkaitan informasi penting yang biasanya dibutuhkan, pengamanan lingkungan, pertolongan pertama, atau prosedur keamanan bagi rumah tangga misalkan, “Anggota Bankom harus masuk ke RT dan RW masing-masing agar optimal,” tegasnya.

Sekretaris PMI Kota Semarang, H Surachman menyatakan bahwa PMI siap mendukung kegiatan Bankom. Surachman mengungkapkan bahwa Pengurus PMI memiliki keahlian tersendiri sesuai dengan bidangnya, dan di juga menyatakan bahwa PMI siap menerima persoil Bankom yang bersedia menjadi Tenaga Sukarela (TSR) PMI. Adanya kerjasama pelatihan tersebut harapannya, Bankom bisa membantu korban. Tidak hanya sebatas memberikan informasi kecelakaan dan sebagainya dengan cepat. (arh)

Ketua Bankom, Sekretaris PMI, Pelatih PMI dan peserta berfoto bersama seusai pembukaan kegiatan
Ketua Bankom, Sekretaris PMI, Pelatih PMI dan peserta berfoto bersama seusai pembukaan kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama, Minggu (26/8/2018).

Comments

comments