Panglima TNI Dan Kapolri Tegaskan Personelnya Untuk Netral Di Pilkada Serta Pemilu 2019

oleh

BANDUNG,-  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian tegaskan  agar personelnya tetap netral di gelaran Pilkada Serentak 2018 dan tahapan Pemilu 2019, serta meningkatkan soliditas dan sinergitas untuk menjaga utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penegasan tersebut disampaikan kedua pucuk pimpinan TNI dan Polri itu di acara Pengarahan Panglima TNI dan Kapolri Kepada Prajurit TNI-Polri Wilayah Jawa Barat dan Banten yang dihadiri oleh ribuan personel dari 3 Matra TNI dan Polri yang dilaksanakan di Sudirman Grand Ballroom, Kota Bandung, Sabtu (21/4/2018).

“Jadi ini bagian dari kegiatan Panglima TNI dan Kapolri, road show ke seluruh Indonesia, dan apa yang disampaikan adalah terkait soliditas dan sinergitas antara TNI dan Polri,” jelas Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan keterangan pers-nya kepada awak media.

“Tujuannya adalah satu, terjadinya netralitas pada saat pilkada serentak dan tahapan pemilu 2019. Jadi soliditas dan sinergitas ini sangat penting sehingga pelaksanaan di lapangan tentunya akan mendapatkan satu kesamaan pola pikir, bertindak, dan pola sikap,” jelas Panglima TNI.

Dilanjutkan oleh Panglima TNI, “Kita harapkan kegiatan nantinya pada saat pilkada serentak, semuanya bisa sesuai dengan yang kita harapkan, yaitu berhasil, sukses tanpa adanya hambatan,” pungkas Panglima TNI.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menambahkan, bahwa politik TNI dan Polri adalah politik negara, “Artinya, pertama, TNI dan Polri bertekad menjaga bangunan NKRI tetap utuh, baik dari masalah internal apalagi masalah eksternal,” ujar Kapolri lulusan Akpol tahun 1987 ini.

“Kedua, TNI dan Polri siap menjadi motor dan dinamisator utama dalam rangka mengangkat Bangsa Indonesia menjadi  bangsa yang mendominasi, paling tidak di tingkat kawasan, dan bukan didominasi oleh bangsa lain. Karena kompetisi antar negara menjadi sangat penting, dalam konteks itu, pilkada-lah salasatunya kegiatan politik praktis yang TNI dan Polri tidak ambil bagian,” urai Kapolri.

Diterangkan kemudian, “TNI dan Polri tidak nengambil bagian pada politik praktis itu, tapi mengamankan sebagai pesta demokrasi sebagai sistem politik negara,” jelas Kapolri.

Ditekankan oleh Kapolri, soliditas dan sinergitas akan terus ditingkatkan dan terus dijaga sampai kapanpun, sampai kiamat, sehingga semua agenda-agenda yang lain termasuk agenda Asian Games 2018 dan nanti kedepan ada ada pesta lainnya di dalam negeri atau luar negeri, ini kita dapat berperan, tekan Kapolri kepada awak media.

Sebelumnya, kedatangan Panglima TNI dan Kapolri ke Sudirman Grand Ballroom menggunakan bis dan didampingi oleh Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, disambut dengan kesenian tradisional Sisingaan dan seremoni pengalungan bunga. Panglima TNI dan Kapolri berkesempatan menaiki Sisingaan tersebut hingga tiba di pintu masuk Ballroom.

Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ke Kota Bandung dalam rangka Pengarahan Panglima TNI dan Kapolri kepada prajurit TNI-Polri Wilayah Jawa Barat dan Banten di sambut kesenian tradisional Sisingaan
Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ke Kota Bandung dalam rangka Pengarahan Panglima TNI dan Kapolri kepada prajurit TNI-Polri Wilayah Jawa Barat dan Banten di sambut kesenian tradisional Sisingaan, Sabtu (21/4/2018).

Menariknya, Panglima TNI dan Kapolri sudah ditunggu oleh penyambut tamu yang unik, yakni sejumlah Polisi dan TNI cilik.

Setelah menerima laporan dari Ketua Pelaksana, Kasgartap II/Bandung Marsma TNI Taspin Hasan, acara dilanjutkan dengan pemutaran video. Dalam video tersebut ditayangkan diantaranya kegiatan dan kesiapan Satgas Tri Patra dan Program Citarum Harum yang sedang dilaksanakan.

Ikut memeriahkan kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ke Kota Bandung ini, ditampilkan band gabungan TNI dan Polri binaan Pangdam Siliwangi dan Kapolda Jabar yang jingle-nya tentang pilkada damai berhasil mendapatkan penghargaan dari KPU. [St]

Kegiatan Pengarahan Panglima TNI dan Kapolri Kepada Prajurit TNI-Polri Wilayah Jawa Barat dan Banten

Comments

comments