Pangdam Siliwangi : Bangsa Kita Tidak Akan Pernah Dihargai Apabila Kita Tidak Bisa Mengelola dan Menghargai Air

oleh

SUMEDANG – Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan hadiri Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2017 di Bukit Panenjoan Desa Jemah Kecamatan Jatigede, Selasa (28/11/2017).

Dalam kegiatan tersebut Pangdam dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan diberikan kesempatan untuk menanam pohon secara simbolis. Adapun pohon yang ditanam Pangdam adalah Pohon Kepel (Selectiocarpus Burahol) sedangkan Gubernur Jabar menanam pohon jenis Gandaraja (Bouea Macrophylla), untuk kedua pohon tersebut ditanam di Bukit Panenjoan Situgede Sumedang.

Gubernur Jabar menyampaikan, melestarikan alam sama dengan mempertahankan kehidupan, rusaknya lingkungan rusak pula kehidupan. Bangsa yang sejahtera merupakan bangsa yang dapat melestarikan alamnya, menjaga airnya dan menjaga hutannya, karena lingkungan alam, hutan dan air merupakan sumber kehidupan manusia, ucap Gubernur.

Ditempat yang sama Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo menyampaikan, dalam menangani lingkungan alam terutama tentang Sungai Citarum, TNI dan Polri siap mendukung program Provinsi Jabar dalam menata kembali Sungai Citarum dengan satu kesatuan komando dibawah pimpinan Gubernur Jabar sehingga rakyat dapat keuntungan dari penataan tersebut.

Pangdam Siliwangi menuturkan, air merupakan sumber kehidupan, bangsa kita tidak akan pernah dihargai apabila kita tidak bisa mengelola dan menghargai air.

Bulan Menanam Nasional (BMN) merupakan bentuk pemulihan Waduk Jatigede khususnya dan umumnya di kawasan DAS Cimanuk – Citanduy serta DAS Citarum – Ciliwung di Jabar.

Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo saat kegiatan penanaman pohon di Hari Menanam Pohon di Jatigede, 28 November 2017

(Pendam III/Siliwangi).

Comments

comments