Pangdam III/Siliwangi Ternyata Piawai Jinakan Ular King Cobra

oleh
Pangdam III/Siliwangi Ternyata Piawai Jinakan Ular King Cobra

SOROTINDONESIA.COM, Bandung,- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, SH, M.Tr(Han), ternyata piawai menjinakan ular berbisa. Ini diperlihatkannya pada peringatan HUT ke-73 TNI di Lapangan Gasibu, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (5/10/2018).

Saat pertunjukkan atraksi menangkap ular berbisa jenis king kobra yang keluar dari karung-karung yang dilakukan oleh prajurit Pusdikpassus dalam rangkaian Upacara HUT ke-73 TNI tersebut, tiba-tiba dan tanpa ragu Pangdam masuk ke lapangan, dan langsung menangkap salasatu ular dengan tangannya.

Mayjen TNI Besar Harto Karyawan perlihatkan teknik atau cara penangkapan ular berbisa, setelah ditangkap lalu diangkatnya, ular tersebut seperti tidak berdaya selama berada dalam genggaman jenderal bintang dua tersebut.

Dikesempatan itu Pangdam mengatakan, “Ular king cobra merupakan ular yang berbisa dan sangat mematikan, bagi yang tidak memiliki kemampuan jangan coba bermain-main dengan ular ini,” kata Pangdam.

King cobra adalah ular yang sangat mematikan, apabila kena gigitannya, manusia atau hewan pada hitungan detik akan tidak berdaya, karena racun akan langsung masuk pada aliran darah, sehingga darah yang mengandung bisa ular akan meracuni seluruh jaringan sel darah kemudian manusia atau hewan akan mati.

“Kemampuan menjinakan ular berbisa tidak dimiliki oleh semua orang, apabila kita ceroboh maka resikonya akan sangat fatal,” jelas Pangdam.

Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke – 73 TNI, merupakan tradisi yang dapat menumbuhkan jiwa korsa bagi seluruh prajurit. Pada puncaknya, banyak kegiatan yang ditampilkan diantaranya demonstrasi – demonstrasi yang sifatnya menghibur. Termasuk atraksi menangkap ular berbisa. Selain itu, ditampilkan diantaranya demonstrasi bela diri, kolaborasi musik modern dan musik daerah.

Kejutan Lain Di HUT ke-73 TNI Dari Kapolda Jabar

Peringatan HUT ke 73 TNI yang dilaksanakan di Lapangan Gasibu ini, dimeriahkan juga dengan kejutan lainnya. Kali ini yang digagas oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., yakni dengan memberikan kue tart ulang tahun ke 73 TNI kepada Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, SH, M.Tr(Han).

 

Masih dalam rangkaian kegiatan HUT ke-73 TNI tahun 2018, sehari sebelumnya, Kamis (4/10/2018), bertempat di Mapolda Jabar, Jl. Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kapolda Jabar memberikan penghargaan kepada tiga orang Babinsa TNI yang dinilai berjasa membangun sinergitas antara TNI dan Polri.

Ketiga personil TNI yang mendapat pengharaan itu adalah, Sertu Iswah Indiarto, (Babinsa Kelurahan Ciroyom, Kota Bandung), Sertu Ali Usman, (Babinsa Kelurahan Cibinong, Bogor) dan Kopda M. Rasilan, Babinsa Kel. Margamulya, Garut. [*]

Comments

comments