Nyadran di Kelurahan Kepolorejo Magetan

oleh

MAGETAN – Bulan Muharram atau yang lebih dikenal di Jawa dengan sebutan bulan Suro merupakan bulan yang sakral dan diperingati dengan kegiatan yang bersifat sakral juga.

Kelurahan Kepolorejo Kabupaten Magetan selalu memperingati 1 Suro dengan acara bersih desa di tempat punden. Dalam acara tersebut masyarakat berbondong-bondong menuju tempat punden tersebut dengan membawa penganan seiklasnya seperti kue, jajanan pasar, panggang dan lain-lain, yang kesemuanya itu akan dibagikan kembali ke masyarakat.

Acara bersih desa dihadiri oleh bapak Lurah, perangkat desa, tokoh masyarakat dan tamu undangan. Prosesi acara diisi dengan sajian tumpeng komplit, doa bersama yang dipimpin oleh Kaur Kesra (Modin), selamatan/sodakoh.

Acara nyadran yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat dan perangkat desa pada tanggal 13 Oktober 2017 ini guna melestarikan budaya yang sudah menjadi tradisi, juga sebagai bulan untuk melakukan perenungan, bertafakur, berintrospeksi, serta lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Masyarakat Kelurahan Kepolorejo begitu guyup rukun dalam melaksanakan kegiatan nyadran ini. Tujuan lainnya pada kegiatan ini adalah untuk menjaga dan melestarikan budaya Jawa yang sudah turun temurun dan untuk menjaga tali silaturahmi antar masyarakat desa. (Ari)

Suasana nyadran di Kelurahan Kepolorejo Kabupaten Magetan

Comments

comments