Nouke Paat Siap Jadi Senator, Perjuangkan Penguatan Adat Dan Budaya

oleh -
Nouke Paat Siap Jadi Senator, Usung Perkuatan Adat Dan Budaya
Nouke Paat, bakal calon DPD RI periode tahun 2019-2024 dapil Provinsi Sulawesi Utara. [Foto: dok.Istimewa]

SOROTINDONESIA.COM, Manado,- Tokoh adat dan budaya, Nouke Paat, selangkah lagi akan menjadi Senator di Senayan dari jalur DPD RI utusan Provinsi Sulawesi Utara.

Pria yang menjadi suami dari Vanda Pasla yang kini berdomisili di Kabupaten Minahasa Utara ini, memiliki tekad dan perjuangan untuk melestarikan adat dan budaya di tengah kehidupan bermasyarakat, khususnya di Sulawesi Utara. “Adat dan budaya merupakan kekayaan bangsa yang wajib dilestarikan. Era modernisasi dan digital saat ini, hendaknya tidak melunturkan adat dan budaya, namun justru harus memperkuat keberadaannya,” ujar Nouke Paat kepada sorotindonesia.com, disatu kesempatan wawancara di Kota Manado, Senin (19/8/2018).

Nouke Paat menerangkan, selain sebagai alat pemersatu bangsa, adat dan budaya juga diyakini bisa menata kembali perilaku dan pola berpikir masyarakat terhadap norma sosial bermasyarakat, lingkungan hidup, pertanian, pendidikan, dan tatanan lainnya, selaras dengan aturan yang dibuat oleh negara. “Jika mendapat kepercayaan dari warga nantinya, saya akan maksimal terkait dengan hak-hak adat dan budaya di masing-masing daerah itu untuk diperhatikan,” tegas Nouke yang kini menjabat ketua AKSI (Aliansi Kabasaran Seluruh Indonesia) dan Panglima Komando Bela Negara Brigade Manguni.

“Jangan kita lupakan budaya dan kearifan lokal meski kemajuan teknologi informasi terus berkembang. Seperti kekayaan keragaman dan kemajemukan Sulawesi Utara yang wajib kita jaga dan kawal bersama sebagai bagian dari NKRI yang menjunjung adat dan budaya,” tegas Nouke lagi, pengusaha sukses yang juga memiliki 3 unit mobil ambulans yang dioperasikan khusus untuk warga yang membutuhkan. [St]

Comments

comments