Meriah Euy, Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan di Bandung

oleh

BANDUNG – Ribuan warga Kota Bandung tampak tumplek ke jalan untuk menyaksikan penampilan peserta karnaval kemerdekaan bertajuk Pesona Parahyangan yang mengambil start sekitar pukul 14.30 Wib dari Gedung Sate dan finish di Alun-alun Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017). 

Ribuan warga antusias menonton walau dalam terpaan panas sinar matahari dan malah tampak menikmati sambil ber-swa foto dengan keseluruhan peserta karnaval yang berjumlah tidak kurang dari 2.500 orang dari 13 provinsi di Indonesia dan kota/kabupaten di Jawa Barat yang diantaranya diikuti oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi oleh Ibu Iriana Joko Widodo yang menggunakan kendaraan kereta Pancasila hasil rancangan seniman Tisna Sanjaya. Diikuti kendaraan karnaval yang digunakan oleh pimpinan Jawa Barat dan Kota Bandung serta Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra bersama Kapolda Jabar Irjen Pol. Anton Charliyan.

Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar di karnaval kemerdekaan Pesona Parahyangan
Keceriaan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra dan Kapolda Jabar Irjen Pol. Anton Charliyan di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Sabtu (26/8/2017).

Rombongan peserta karnaval ini melintasi Jl. Diponegoro – Ir. H. Djuanda – Jl. Merdeka dan finish di Alun-alun Jl. Asia Afika. Namun Presiden RI dan pejabat lainnya mengikuti karnaval sampai di Taman Vanda. Di Taman Vanda ini sudah disiapkan panggung untuk Presiden RI dan pejabat lainnya untuk menyambut dan menyaksikan keseluruhan peserta karnaval. Yang menarik, penonton disepanjang jalan yang dilintasi oleh peserta karnaval, tidak sedikit yang datang dengan berbusana kedaerahan dan membawa serta pernak pernik sehingga kegiatan tersebut sangat kental dengan nuansa festive

Penonton peserta karnaval kemerdekaan Pesona Parahyangan
Foto : Antusiasme ribuan warga Kota Bandung yang memadati di ujung Jl Merdeka, saat menanti datangnya peserta karnaval. Sabtu (26/8/2017).
Iringan Peserta Karnaval Kemerdekaan 2017 Pukau Warga Bandung

Peserta karnaval kemerdekaan pesona parahyangan

Peserta karnaval Pesona Parahyangan dengan kostum dan beberapa diantaranya menggunakan alat musik dan sound system, berhasil memukau penonton hingga enggan untuk beranjak sampai urutan akhir dari peserta karnaval. 

Selain peserta karnaval dari tuan rumah Jawa Barat yang menghadirkan diantaranya peserta dari masyarakat adat, keraton Sumedanglarang, Sisingaan Kab Subang, Indramayu, Persib dan kelompok supporter Viking, barisan domba garut, pasukan Gober Kota Bandung. Diantara yang menarik lainnya adalah peserta karnaval dari Jember, Banyuwangi, Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali. Termasuk keikutsertaan TNI AL dan Pasukan Berkuda Kavaleri TNI AD.

Jember dan Jawa Timur di karnaval kemerdekaan Pesona Parahyangan

Pasukan Berkuda Kavaleri di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan
Foto : Pasukan Berkuda dari Kavaleri yang berada di barisan depan iringan peserta karnaval setelah Marching Band Pakuan.

Peserta karnaval kemerdekaan pesona parahyangan

DKI Jakarta di karnaval kemerdekaan pesona parahyangan
Foto : Peserta karnaval dari DKI Jakarta
Viking di karnaval kemerdekaan pesona parahyangan
Foto : Iringan pemain Persib Bandung dan bobotoh dari Viking Fans Club
Bali ikut di karnaval kemerdekaan pesona parahyangan
Foto : Peserta karnaval dari Bali.
Reog ponorogo di karnaval kemerdekaan pesona parahyangan
Foto : Reog Ponorogo ikut meramaikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan
Walikota Tomohon ikut Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan

Kota Tomohon provinsi Sulawesi Utara tak luput ikut serta dalam kemeriahan karnaval kemerdekaan Pesona Parahyangan di Bandung. 

Kota yang dikenal dengan bunganya, hadir dipimpin oleh walikota Jimmy Eman yang menggunakan kostum Kabasaran. Diikuti mobil berhiaskan bunga dan ditumpangi oleh Ratu Bunga 2017 Gabriella. Kehadiran Tomohon untuk ikut bersukacita dalam gelaran nasional tersebut, mewarnai keberagamaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke di karnaval kemerdekaan ini. Bersama dengan peserta karnaval dari Aceh dan Papua Barat.

Walikota Tomohon dan Ratu Bunga 2017 di Karnaval kemerdekaan pesona parahyangan
Foto : Walikota Tomohon menggunakan pakaian adat Kabasaran di karnaval Pesona Parahyangan.
Pasukan Kebersihan Kota Bandung Mendapat Aplaus dari Warga di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan

Kehadiran pasukan kebersihan Kota Bandung yang muncul dengan yel yel-nya, mendapat aplaus dari warga yang menonton di sekitaran Jl Merdeka. Dengan menggunakan seragam dan sapulidi yang telah di hias. Pasukan ini ikut serta menghidupkan suasana karnaval. 

“Terima kasih pak, sudah menjaga Kota Bandung tetap bersih,” teriak seorang perempuan yang berada dibarisan penonton.

Kegiatan karnaval kemerdekaan di Taman Vanda diakhiri oleh peserta yang menggunakan kostum kedaerahan di nusantara. Sekaligus membawakan tarian Harmoni Nusantara.

Pasukan gober di karnaval kemerdekaan pesona parahyangan

Kalimantan Barat di karnaval kemerdekaan pesona parahyangan
Foto : Peserta karnaval dari Provinsi Kalimantan Barat
Jambi di karnaval kemerdekaan pesona parahyangan
Foto : Peserta karnaval dari Provinsi Jambi

 

Comments

comments