Menteri Kominfo Buka Kompetisi dan Pameran Filateli Dunia BANDUNG 2017

BANDUNG – Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Rudiantara, membuka gelaran kompetisi dan pameran filateli dunia ( World Stamp Exhibition – BANDUNG 2017 ) yang diselenggarakan di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Kamis (3/7/2017).

Pameran ini merupakan ajang kompetisi para filatelis (pehobi koleksi perangko dan benda pos lainnya) dari seluruh dunia. Kegiatan ini diikuti oleh filatelis dari sekitar 60 negara yang tergabung dalam FIP (Federation Internationale de Philatelie) serta diramaikan oleh sekitar 60 stand stamp dan numismatic dealer dari luar dan dalam negeri. Diantaranya 35 booth luar negeri dan administrasi pos dari berbagai negara serta 25 booth pedagang perangko / numismatic dalam negeri.

Stand stamp pada pameran filateli dunia BANDUNG 2017

Administrasi pos yang mendaftar antara lain Singapore Post, Chunghua Post, DPR Korea Post, Bangladesh Post, Malaysia Post, Vietnam Post, Philipine Post, Macau Post, Bostwana Post, Lichtenstein Post, Turkey Post, German Post, India Post dan Namibia Post.

Untuk pameran dan kompetisi dalam gelaran ini, koleksi yang disajikan ada 1919 frame dari 9 kelas yang dipertandingkan terdiri dari 371 diatas frame / panel dan 84 judul literatur. 5 (frame) koleksi kehormatan (undangan) dan 14 frame koleksi Grand Prix FIP.

Ada 3 (tiga) tujuan pada gelaran pameran filateli dunia ini yang bertemakan Jembatan Menuju Dunia Yang Damai Melalui Perangko (Bridging To The World Of Peace Through Stamp) ini. diantaranya,

A. Meningkatkan persahabatan filatelis dunia sebagai salah satu andil untuk menciptakan perdamaian dunia, serta memajukan perfilatelian dalam segala aspeknya,
B. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-72, memperingati 72 tahun Provinsi Jawa Barat dan memperingati 207 tahun Kota Bandung,
C. Membangkitkan kehidupan perfilatelian tanah air.

Pada rangkaian acara pembukaan pameran dan kompetisi filateli dunia itu, dilaksanakan penandatanganan sampul pameran Bandung 2017 oleh Menkominfo RI Rudiantara, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Presiden FIP, Ketua Umum PFI Soeyono dan Direktur Utama PT Pos Indonesia. Dilanjutkan dengan acara pemberian cindera mata dan meninjau stand dan lokasi pameran. 

Pameran filateli dunia BANDUNG 2017
Foto (ki-ka) : Walikota Bandung Ridwan Kamil, Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka, Menkominfo RI Rudiantara, dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar saat meninjau stand Pameran Filateli Dunia BANDUNG 2017 di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Kamis (3/8/2017).

Gelaran pameran filateli dunia dengan nama event BANDUNG 2017 ini dibuka selama tiga hari. Mulai dari tanggal 3 sampai 7 Agustus 2017.

Yang menarik seusai acara pembukaan pameran filateli dunia tersebut, ratusan filatelis menyerbu counter yang menyiapkan perangko dan sampul edisi terbatas yang hanya bisa didapatkan selama pameran. (*)

Pameran filateli dunia Bandung 2017

Comments

comments