Menentukan Arah Kiblat dengan Qibla Finder

oleh
Arah Kiblat

Google sebagai perusahaan internet terbesar mengeluarkan web Qibla Finder yang berfungsi untuk menentukan arah kiblat di manapun kita berada.

Kiblat merupakan arah menghadap Ka’bah di Masjidil Haram di Makkah Arab Saudi. Arah yang digunakan umat Islam dalam menjalankan ibadah shalat di seluruh dunia.

Qibla Finder akan memberikan petunjuk arah kiblat pada lokasi kita berada, dan akan muncul garis lurus mengarah ke lokasi Ka’bah yang berada pada Lintang 21.4224779 Bujur 39.8251832.

Aplikasi Qibla Finder bekerja seperti layaknya kompas pada perangkat android, cara kerjanyapun sangat mudah dan cepat.

Qibla Finder dirancang untuk berfungsi dengan GPS dan kamera ponsel pada Android. Untuk memberikan hasil yang maksimal, google memerlukan izin terlebih dahulu sebelum mengakses fitur tersebut.

Karena aplikasi ini berbasis web sehingga dibutuhkan akses internet saat akan digunakan. Apabila Google belum mendapatkan lokasi dimana kita berada secara langsung. Kita dapat mengisinya secara manual melalui kolom isian lokasi yang akan ditentukan arah kiblatnya.

Dari hasil percobaan yang dilakukan sorotindonesia Qibla Finder untuk menentukan kiblat, hasilnya akurat dan dalam waktu yang singkat kita sudah dapat mengetahui arah kiblat. (pr)

Comments

comments