Pemerintah Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican Berharap BBWS Citanduy Dapat Membangun Pompa Air Tenaga Surya

oleh -
Pompa Air Tenaga Surya

Ciamis, ¬†sorotindonesia.com –¬†Air adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, baik untuk keperluan hidup sehari-hari dari kebutuhan untuk minum & masak, keperluan sanitasi, dan untuk kebutuhan yang menunjang agrobisnis dan proses produksi.

Ketersediaan air yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut di atas, sering menjadi masalah, terutama pada daerah yang sumber air permukaannya sangat terbatas, atau air bawah tanahnya sangat dalam.

Meskipun teknologi dan peralatan pompa untuk memperoleh air telah tersedia dan mudah diperoleh, tetapi pada daerah-daerah tertentu, ketersediaan tenaga penggerak pompa sering menjadi kendala, misalnya karena ketiadaan jaringan listrik PLN atau pada daerah yang sudah mampu menyediakan generator set (genset) tetapi sulit mendapat suplai BBM.

Saat ini Teknologi Listrik Tenaga Surya (Solar Energi Sistem) menjadi primadona yang disinyalir dapat mengatasi hambatan tersebut di atas. Di wilayah tropis, cahaya matahari dapat diperoleh secara cuma-cuma sepanjang tahun, di mana saja, di tempat terpencil sekalipun. Jadi pemanfaatan Teknologi Listrik Tenaga Surya untuk menggerakkan pompa air sangatlah ideal. Pompa air tenaga surya banyak diaplikasikan pada proyek pengadaan air bersih dan pengadaan air untuk pengairan sawah.

Cahaya atau sinar matahari adalah sumber energi murah dan terbarukan yang tengah giat dikembangkan di banyak negara termasuk di Indonesia. Tenaga yang dihasilkan cukup untuk menghidupkan aliran listrik yang digunakan untuk menjalankan pompa untuk memperoleh air bersih.

Para petani di Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, sering menghadapi kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan sawah sering kekeringan.

Selamat Datang Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, Bapak Danang Baskoro. Dengan kedatangan bapak di BBWS Citanduy, saya Kepala Desa Sidaharja, Aris Munandar, sangat berharap BBWS Citanduy dapat memperhatikan para petani di Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican dikarenakan kami kesulitan air bersih dan sawah sering kekeringan.

Kami Pemerintah Desa Sidaharja dan masyarakat sangat berharap BBWS Citanduy dapat membangun Pompa Air Tenaga Surya agar permasalahan kesulitan air bersih dan pengairan sawah di Desa kami segera terealisasi. (Ajat Sudarjat)

Comments

comments