Masyarakat Inginkan Pancasila Diajarkan Di Sekolah Lagi

WhatsApp-Image-20160530 pancasila pendidikan kita ft kompas
WhatsApp-Image-20160530 pancasila pendidikan kita ft kompas

99,2 % koresponden menyatakan setuju agar penanaman nilai-nilai Pancasila diajarkan lagi di sekolah,  0,5 % tidak setuju, 0,3% tidak tahu/tidak jawab. Sedangkan 95,8% menyatakan setuju Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sudah bersifat final. 3,2% tidak setuju. 1,0% tidak tahu/tidak jawab.

 

SII.Jakarta— Mayoritas masyarakat Indonesia menginginkan nilai-nilai Pancasila diajarkan lagi di sekolah dan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sudah bersifat final. Hal ini terbukti berdasarkan hasil polling atau jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Litbang Kompas.

Metode Jajak Pendapat

WhatsApp-Image-20160530 #foto kompas

 

 

 

Seperti yang dirilis harian kompas bahwa pengumpulan pendapat melalui telepon ini diselenggarakan oleh Litbang Kompas 25 -27 Mei 2016. Sebanyak 614 responden berusia minimal 17 tahun dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis dari buku telepon terbaru.

Responden berdomisili di 12 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Denpasar, Banjarmasin. Pontianak, Makassar, dan Manado. Jumlah responden di setiap wilayah ditentukan secara proporsional. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, nirpencuplikan penelitian ± 3,9 %. Meskipun demikian, kesalahan di luar penculikan dimungkinan terjadi. Hasil jajak pendapat ini tidak dimaksudkan untuk mewakili pendapat seluruh masyarakat di negeri ini.

Meskipun demikian hasil jajak pendapat tersebut boleh dikatakan gambaran kasar yang mewakili pembaca sekalian.

Percaya atau tidakkah anda jika dikatakan bahwa pancasila adalah ideologi yang paling baik bagi bangsa indonesia?

 

Baca:   Komunis Dibalik Pancasila

grafik percaya pancasila

 

 

Selain itu jajak pendapat juga memberikan pertanyaan perkembangan pengetahuan idiologi Pancasila di seluruh lapisan masyarakat tentang Percaya atau tidakkah anda jika dikatakan bahwa pancasila adalah ideologi yang paling baik bagi bangsa indonesia?. Jajak pendapat menghasilkan grafik batang dari tahun 2008 s.d 2016 dengan pilihan jawaban diantaanya, Percaya (grs merah), tidak percaya (grs kuning), Tidak tahu/tidak jawab (grs hijau).

Seperti yang dilansir di harian kompas bahwa gambaran grafik tersebut antara lain 2008 (90.0 %), 2009 (95,0%), 2010 (89,0%), 2011 (91,6%), 2014 (98,0 %), 2015 (93,0%), 2016 (95,3 %).

Perubahan grafik sempat menurun pada tahun 2010 hingga 0,1 % namun tidak terlalu signifikan. Kendati demikian dapat disimpulkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia juga “Percaya jika dikatakan bahwa pancasila adalah ideologi yang paling baik bagi bangsa indonesia”. Karena perubahan prosentase grafik jejak pendapat yang cenderung stabil di angka 90 %.

 

Semoga saja, hasil jajak pendapat tersebut dapat dijadikan analisa dan klarifikasi kepada pihak berwenang melalui Kementerian Pendidikan Nasional, agar “Pendidikan Pancasila” yang dulu disebut “Pendidikan Moral Pancasila/PMP”. Dapat dimasukkan lagi kedalam kurikulum pendidikan di Indonesia, baik Pendidikan Dasar, Menengah maupun Pendidikan Tinggi. Sehingga pembentukan karakter kebangsaan bagi generasi muda dapat dilestarikan.

sumber: Litbang Kompas

 

 

Comments

comments



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.