Manfaat Kurma menakjubkan bukan sekedar tradisi

oleh
Manfaat Kurma menakjubkan bukan sekedar tradisi

Buah kurma akan banyak sekali kita jumpai pada bulan Ramadhan, hampir semua muslim mengkonsumsi kurma khususnya pada waktu berbuka puasa, seolah-olah buah kurma sudah menjadi tradisi pada bulan Ramadhan, ternyata banyak sekali manfaat kurma menakjubkan bukan sekedar tradisi semata, apa saja manfaat buah kurma?

Manfaat buah kurma bagi kesehatan ternyata banyak sekali, diantaranya untuk mencegah gangguan pencernaan, menambah berat badan, mencegah disfungsi seksual, mencegah masalah jantung, anemia dan masih banyak lagi.

Cara penyajian buah kurma sangat bervariasi, selain dikonsumsi secara langsung, kurma bisa dibuat menjadi adonan yang kemudian dicampurkan dengan susu, ataupun dengan roti tawar, apalagi ditambahkan mentega akan lebih nikmat. bagi yang sedang mengalami cedera atau sakit akan sangat bermanfaat untuk pemulihan.

Manfaat Kurma menakjubkan bukan sekedar tradisi

Menaikan Berat Badan

Kurma mengandung banyak sekali vitamin, protein dan gula, buah ini bisa ditambahkan ke dalam pola makan sehat, sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan yang ideal, untuk membentuk berat badan yang seimbang tidak terlalu gemuk dan kurus.

Kurma mengandung 3.000 kalori dalam satu kilogramnya, kandungan kalori tersebut sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh kita. Bagi yang memiliki badan yang kurus sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini.

Masalah Disfungsi Seksual

Menurut beberapa penelitian buah kurma dapat mencegah disfungsi seksual, dan bahkan dapat meningkatkan stamina, dengan cara merendam kurma dalam susu kambing murni selama semalam, kemudian digiling yang ditambahkan dengan kapulaga dan madu, jika dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan stamina dan mencegah disfungsi seksual.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kurma sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung, cukup dengan merendam selama satu malam, dan ditumbuk halus pada pagi harinya, kemudian langsung dikonsumsi, ini sangat membantu dalam mencegah terjadinya struk dan penyakit lainya yang berhubungan dengan jantung, karena kurma kaya akan potassium. Selain itu juga kurma dapat mencegah tingginya kolesterol dalam tubuh kita.

Disaranakan bagi yang memiliki gejala penyakit jantung untuk mengkonsumsi kurma dengan cara di atas sebanyak 2 kali dalam seminggu, untuk menjaga kesehatan jantung.

Mencegah Gangguan Usus

Buah kurma dapat mencegah gannguan pada usus, dengan mengkonsumsi kurma secara rutin dapat mencegah tumbuhnya organisme patologis dan membantu bakteri yang bermanfaat untuk tubuh dalam usus, membantu proses pencernaan makanan sehingga lebih efisien, sehingga nutrisi yang diserap oleh tubuh akan lebih banyak.

Mencegah Anemia

Kandungan mineral yang terdapat pada kurma bermanfaat untuk menjaga bermacam-macam kondisi kesehatan. Kandungan zat besi dapat dijadikan suplemen dieat bagi penderita anemia, karena zat besi mampu menyeimbangkan zat besi yang terdapat pada penderita anemia, dan menambah energi dan tenaga, sehingga bisa mengurangi rasa lesu dan lelah.

Menghindari Alergi

Salah satu kandungan yang jarang ditemukan selain kurma adalah kandungan sulfur organik, kandungan ini dapat mengurangi dan mencegah reaksi alergi dan alergi musiman.

Memperbaiki Kekuatan Tulang

Kandungan mineral yang tinggi yang terdapat pada kurma, sangat baik untuk memperkuat tulang dan mencetah terjadinya osteoporosis. selain itu juga kurma mengandung tembaga, mangan, magnesium dan selenium, yang semuanya itu adalah sumber untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang, sangat dianjurkan bagi para lansia.

Sederetan manfaat kurma bagi kesehatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita di atas, maka layak untuk dipersiapkan untuk menghadapi puasa di bulan Ramadhan, yang sebentar lagi akan kita jalani. Ayo berburu kurma menjelang Ramadhan, Marhaban ya Ramadhan. (poer/SII)

 

Comments

comments