Manfaat Buah Naga Dan Kandungannya

oleh -
manfaat buah naga

Sorotindonesia.com – Buah Naga merupakan buah yang dapat tumbuh subur pada daerah tropis dan berwarna merah. Kandungan dan manfaat buah naga ini sangat banyak sekali untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit.

Buah naga berasal dari Meksiko Amerika, buah ini termasuk jenis kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus. Namun saat ini sudah banyak dibudidayakan di negara Asia termasuk Indonesia.

Mengapa disebut pitaya atau buah naga, dikutip dari wikipedia pada tahun 1870 buah ini dibawa oleh orang Perancis ke Vietnam, pada awalnya hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja, tetapi oleh orang Vietnam dan Cina keberadaan buah ini dianggap membawa berkah. Maka buah yang berwarna merah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga.

Karena itu buah ini lebih dikenal dengan sebutan thang loy oleh orang Vietnam, dan diterjemahkan oleh orang Eropa berarti dragon fruit atau Buah Naga di Indonesia.

Buah naga saat ini sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Karena buah ini sudah banyak dikembangkan di negara kita, sehigga sudah banyak ditemukan di pasaran, harnganya juga sudah relatif murah dibandingkan dengan buah-buah yang lain. Tetapi kandungan dan manfaat buah naga sangatlah tinggi dan rasanya manis dan segar.

Berbeda sebelum buah ini banyak dibudidayakan di Indonesia, buah naga sulit didapat dan termasuk buah yang langka serta harganya juga mahal.

Buah ini dapat dimakan secara langsung, bisa juga dijadikan sebagai minuman segar dengan cara diblender, maupun sebagai campuran es buah.

Kandungan dan manfaat buah naga untuk berbagai penyakit

Kandungan Buah Naga

Kandungan GiziJumlah/100 gram% AKG harianketerangan
Air87 gNASangat kaya akan air
Protein1.1 g2.1 %
Lemak0.4 gPraktis tidak ada lemak
Karbohidrat11.0 g3.4 %
Serat0.04 mg12 %Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (Thiamine)0.04 g2.7 %
Vitamin B2 (Riboflavin)0.05 mg2.9 %
Vitamin B3 (Niacin)0.16 mg0.8 %
Vitamin C (Ascorbic Acid)20.5 mgNASangat kaya akan air
Kalsium (Ca) 8.5 mg0.9 %Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Besi (Fe)0.16 mg0.8 %

Jenis Buah Naga

Buah naga memiliki 4 jenis, dua jenis buah naga dengan warna kulit merah muda dan merah tua dengan isi buahnya berwarna merah. dan dua jenis buah naga lagi memiliki daging buahnya berwarna putih tetapi warna kulitnya kuning dan merah.

Namun dari keempat jenih buah naga tersebut sebenarnya memiliki kandungan manfaat yang hampir sama, hanya saja kandungan nutrisinya masing-masing mempunyai nutrisi yang berbeda.

Manfaat Buah Naga

1. Mencegah kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat membahayakan bagi yang mengidapnya, penyakit ini termasuk sulit untuk disembuhkan.

Sebelum kita terkena penyakit yang mematikan ini, alangkah baiknya dicegah terlebih dahulu sebelumnya. Buah naga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker.

Buah ini banyak mengandung vitamin C, sehingga mampu untuk mencegah penyakit kanker, dengan mengkonsumsi buah ini kita dapat terhindar dari penyakit yang mengerikan ini.

Vitamin C yang terkandung pada buah naga memiliki antioksidan. Kandungan inilah yang bisa mencegah rusaknya sel atau DNA yang dapat terjadi karena radikal bebas.

Kebutuhan tubuh kita akan vitamin C setiap hari kisaran 20% dari makanan yang kita konsumsi, sedangkan buah naga dalam 100 gram saja mengandung nutrisi 20%  yang kita butuhkan, berat dari satu buah rata-rata 400 gram, sehigga dengan mengkonsumsi satu buah naga dalam satu hari, kebutuhan nutrisi kita sudah sangat terpenuhi.

2. Bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes

Selain nutrisi, buah naga mengadung serat. Kandungan inilah yang mampu mencegah serta mengatasi penyakit diabetes.

Kandungan serat dalam buah ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, dan juga berfungsi untuk mengendalikan kadar gula pada darah.

Buah ini juga mempunyai vitamin B3 yang cukup. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes, terutama pada diabetes tipe 1 dan 2.

3. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang

Satu lagi kandungan yang terdapat pada buah naga yaitu kalsium. Meskipun kadungan kalsium pada buah ini, namun buah ini tetap memiliki andil dalam menjaga kesehatan tulang.

Kalsium yang terkandung dalam buah naga hanya 1% dalam setiap 100 gram, berarti dalam satu buah naga yang rata-rata beratnya 400 gram hanya memiliki kandungan kalsium sebesar 4% dari jumlah 18% kalsium yang kita butuhkan dalam satu hari.

Zat besi juga terdapat pada buah naga, seperti yang kita ketahui zat besi juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Bermanfaat untuk kesehatan mata

Kesehatan mata kita bisa terjaga dengan baik dengan mengkonsumsi buah naga. Buah naga mempunyai kandungan beta karoten seperti yang terkandung pada wortel.

Bagi yang tidak menyukai rasa dari wortel, maka buah naga ini dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti wortel yang selama ini kita kenal manfaatnya untuk kesehatan mata.

5. Bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Selain untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, antioksidan yang terdapat pada vitamin C yang ada pada buah naga mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Maka bagi yang sering mengkonsumsi buah naga biasanya jarang terkena penyakit seperti flu, demam, batuk, sariawan dan penyakit ringan lainnya karena sistem kekebalan tubuhnya bagus.

6. Bermanfaat untuk diet.

Bagi pria atau wanita yang sedang menjalani program diet buah naga menjadi pilihan yang cocok. Pada saat diet dengan mengkonsumsi buah naga kebutuhan akan gizi yang diperlukan tubuh kita, sedangkan kandungan kalorinya sangat sedikit hanya 10%  saja, begitu pula kandugnan karbohidrat. Dalam setiap 100 gram buah naga hanya 3% saja kandungan karbohidratnya.

7. Bermanfaat untuk menambah nafsu makan

Kandungan dan manfaat buah naga sangat baik Terutama bagi anak-anak. Buah naga bisa untuk meningkatkan nafsu makan. Di dalam buah ini terdapat kandungan vitamin B1 dan B2 yang kita ketahui bisa meningkatkan nafsu makan.

Sampai di sini kita sudah mengetahui manfaat buah naga untuk kesehatan:

  1. Mencegah penyakit kanker
  2. Mencegah dan mengatasi diabetes
  3. Menjaga kesehatan tulang
  4. Menjaga kesehatan mata
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh
  6. Membantu proses diet
  7. Menambah nafsu makan

Cara Mengkonsumsi Buah Naga

Kandungan dan manfaat buah naga akan lebih baik dikonsumsi dengan cara dibuat jus, dengan cara diblender karena biji pada buah naga bisa dihaluskan, pada biji buah naga terdapat asam lemak esensial yang biasanya terdapat pada minyak ikan.

Berbeda ketika dikonsumsi secara langsung tanpa diblender, pencernaan kita tidak mampu mengurai kandungan yang terdapat pada biji buah ini.

Aneka Resep Dari Buah Naga

Buah naga selain enak dan segar dikonsumsi secara langsung, buah ini dapat juga disajikan dalam bentuk kreasi lain, seperti sop buah, puding, dan escream.

  1. Puding Buah Naga

Siapkan satu buah naga segar, bersihkan dan ambil daging buahnya, kemudian blender sampai halus. air sebanyak 300 cc, gula pasir 150 gram, susu cari 500 cc dan agar-agar 2 bungkus.

Campurkan semua bahan tersebut aduk hingga rata, kemudian panaskan dengan api sedang sampai air mendidih. Tuangkan dalam wadah biarkan sampai dingin.

Untuk disajikan lebih lezat, masukan ke dalam kulkas. Puding Buah naga siap sisajikan.

Kandungan dan manfaat buah naga
Puding Buah Naga

2. Es Campur Buah Naga

Es campur akan lebih segar bila ditambahan buah yang satu ini, terutama buah naga merah.

Bahan-bahan:

  • siapkan 2 buah naga merah, ambil dagingnya dan potong sesuai dengan selera
  • 1 sendok makan gula pasir, atau secukupnya jika suka manis
  • susu kental manis, secukupnya
  • air, secukupnya
  • es batu yang sudah diserut, secukupnya
  • tambahkan buah mangga atau strawbbery, bentuk kecil-kecil kotak atau memanjang

Cara membuat es campur buah naga merah

  1. Masukan buah naga ke bersama buah yang lainnya, seperti nangka, mangga, strawbery, pepaya, dan yang lainnya sesuai selera.
  2. Tambahkan es baru yang sudah diserut
  3. Tambahkan susu kental dan gula pasir yang sudah dilarutkan
  4. Es Campur buah naga siap disajikan

Efek samping mengkonsumsi buah naga

Hingga saat ini Kandungan dan manfaat buah naga tidak terdapat efek samping. Buah ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik oleh ibu hamil, maupun yang sedang menyusui sekalipun. Begitu pula bagi penderita jantung dan asma dapt mengkonsumsi buah ini tanpa efek samping.

Hanya saja ketika kita membuang air kecil warnanya akan berubah menjadi kemerah-merahan, itupun tidak masalah tidak menimbulkan hal yang negatif untuk tubuh, warna merah hanyalah warna alami yang terkandung dalam buah naga. (pr)

Comments

comments