Ibu Maesaroh : Terimakasih Pak Babinsa

oleh
Anggota Babinsa Koramil 0824/20, Koptu Rois Muzaki, membantu seorang warga penjual jamu yang ban motornya mengalami kempes

SOROTINDONESIA.COM, Jember,- Koptu Rois Muzaki, anggota Babinsa Menampu Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, saat berangkat patroli didesanya pada hari, Minggu (29/7/2018), sekitar Pukul 10.00 Wib, mendapati penjual jamu yang diketahui bernama Ibu Maesaroh (50) yang sedang menuntun sepeda motornya dikarenakan bannya kempes.

Melihat kondisi ibu tersebut, tidak banyak bertanya Koptu Rois Muzaki langsung berhenti dan mempersilahkan ibu tersebut mengendarai sepeda motornya sedangkan Koptu Rois Muzaki menuntun sepeda Ibu Maesaroh yang kempes tersebut sambil mengajak seorang warga, Imam Fauzi, yang kebetulan ada disekitar tempat tersebut untuk membantu.

“Untung ada Pak Babinsa,” kata Ibu Maesaroh. “Kalau tidak, saya sungguh tidak mampu menuntun sepeda motor dengan muatan jamu yang masih penuh dan mengalami ban kempes tepat dibulakan (jalan sawah) yaitu ruas jalan menuju dusun Pulorejo yang jauh dari tempat tambal ban,” ungkap Ibu Maesaroh.

Kurang lebih sekitar 1 Km baru didapati ada tukang tambal ban, dan disitulah Koptu Rois Muzaki memasukkan sepeda motor untuk ditambal. “Sungguh saya berterima kasih, sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk pak Babinsa atas bantuannya,” ucapnya sumringah.

Dikatakan oleh Koptu Rois Muzaki, “Hal seperti ini sudah biasa, kita harus saling membantu,” jawabnya. Selanjutnya Koptu Rois Muzaki mengantarkan balik Imam Fauzi dan melanjutkan perjalanannya menuju Balai Desa Menampu.

Danramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Erwin Daud sangat bangga dengan anggotanya tersebut, bahkan Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi terkait hal tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Koptu Rois Muzaki. “Sebagai prajurit TNI, apalagi mengemban tugas Babinsa tentunya hal seperti itu harus menjadi isnpirasi bagi anggota lainnya,” kata Dandim.

Kondisi tersebut disamping tuntutan tugas Babinsa yang harus selalu berbuat baik terhadap masyarakat, tentunya hal tersebut sesuai dengan amanat Delapan Wajib TNI utamanya pada point ke delapan yang berbunyi  “Menjadi Contoh Dan Memelopori Usaha-usaha Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Disekelilingnya,” pungkas Letkol Inf Arif Munawar.

Bintara Pembina Desa yang lebih dikenal dengan sebutan Babinsa ini merupakan anggota TNI AD dari Satuan Teritorial Komando Rayon Militer (Koramil) yang merupakan Unit Pelaksana Komando Distrik Militer (Kodim) yang bertugas sebagai pelaksana Pembinaan Teritorial ditingkat desa.

Pembinaan Teritorial sendiri sebagai salah satu fungsi utama TNI memiliki tugas dalam membina dan memberdayakan potensi wilayah untuk dijadikan potensi pertahanan dengan mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang masyarakat yang tangguh diwilayah tanggung jawabnya, dan kunci pelaksanaannya harus selalu mempedomani doktrin TNI termasuk Delapan Wajib TNI.

(sis24)

Comments

comments