Mabes Polri Bongkar Vaksin Polio Palsu di Bogor.

oleh
Mabes Polri Bongkar Peredaran Vaksin Polio Palsu di Bogor.
Mabes Polri Bongkar Peredaran Vaksin Polio Palsu di Bogor.

Vaksin Polio palsu saat ini telah beredar di wilayah Bogor. Waspadai setiap membeli atau mengkonsumsi vaksin yang digunakan kepada anak kita, meskipun itu dari petugas medis. Solusinya sebaiknya dikonfirmasi terlebih dahulu kepada pihak berwenang di Dinas Kesehatan tempat agar kita tidak tertipu.

 

 

Bogor—Wilayah Bogor kembali jadi daerah peredaran barang palsu. Tak tanggung-tanggung, barang yang dipalsukan itu adalah vaksin polio untuk balita.

Beruntung, bareskrim Polri membongkar pabrik vaksin palsu di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Ada lima pelaku yang ditangkap yakni M, T, A, S, dan L. Mereka memalsukan vaksi campak, polio, BCG, tetanus, dan hepatitis B.

“Ini mulai dari para pengguna dalam hal ini rumah sakit di daerah Bogor, yang mencurigai kiriman vaksin yang diterima mencurigakan. Setelah ditelusuri ditemukan distributor dan apotek yang sengaja mengedarkan vaksin palsu,” jelas Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya, Rabu (22/6/2016).

Penyidik dari Subdit Industri dan Perdagangan kemudian melakukan penggerebekan pada Selasa (21/6) sore. Di lokasi polisi menyita vaksin palsu serta bahan-bahannya.

Lima pelaku yang ditangkap itu mulai dari pembuat dan penyalur vaksin palsu. Terdiri dari pemilik apotek, kurir, produsen/pembuat, dan bagian packing. Para pelaku ini ditangkap di daerah Kramatjati, Jaktim.

“Pembuatan vaksin seperti tersebut sangatlah membahayakan kesehatan, karena hal itu tidak sesuai dengan ketentuan pembuatan obat yang diatur oleh Balai POM,” jelas Agung.

“Kita akan teliti lebih lanjut karena praktik ini sudah lama,” tutup Agung.

 

Sumber:Bogor Daily

Comments

comments

Tentang Penulis: baihaqi

“katakan yang benar meskipun pahit akibatnya..”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.