Kodim 0824 Jember Ikuti Lomba Binsatter Tahun 2017 Tingkat Nasional

oleh -
Lomba Binsatter

Jember, Selama dua hari, Rabu dan Kamis Tanggal 20-21 April 2017 Kodim 0824 Jember kedatangan tamu istimewa yaitu Tim Penilai Lomba Binsatter Tahun 2017 dari Markas Besar TNI AD, diantaranya Kolonel Inf Sugiono (Ketua), Letkol Inf Suhartono (anggota) dan Mayor Czi (K) Windi Ismail dan Pendamping Pa Ahli Kodam V/Brw Kolonel Inf Adam W, Danrem 083/Bdj Kol Arm Budi Eko Mulyono, Kasi Teritorial Korem 083/Bdj Letkol Inf Bambang.

Keberadaan Tim Penilai tersebut ingin membuktikan kegiatan baik program maupun non program Kodim 0824 Jember dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial di wilayah tanggung jawabnya di Kabupaten Jember. Hal tersebut tentunya sebagai bahan penilaian dalam rangka menentukan keunggulan dari Kodim-kodim yang dinominasikan menjadi Kodim Utama Tingkat Nasional.

Pada Kamis 21/04/2017 Pukul 08.00 Wib Rombongan Tim Penilai dan Pendamping bersama Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto melaksanakan kunjungan ke lokasi Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak di RS Bina Sehat, sesampai di sana diterima oleh Siswanto staf RS Bina Sehat dan para pasien yang masing-masing didampingi Babinsa, pada kesempatan tersebut Tim Penilai melihat bagaimana Babinsa mempraktekkan cara mengkategorikan pasien layak operasi apa tidak.

Serda Slamet dari Babinsa Kelurahan Tegal Besar Ramil 0824/12 Kaliwates yang memperagakan pemeriksaan terhadap beberapa pasien katarak dengan menggunakan senter yang disaksikan dan dibenarkan oleh perawat mata RS Bina Sehat, selanjutnya Tim Penilai melakukan peninjauan ke Ruang Operasi dan terlihat ada beberapa pasien yang sedang dioperasi, pasien-pasien tersebut datang dari berbagai wilayah pelosok desa di Kabupaten Jember.

Lomba Binsatter

Dalam wawancaranya Ketua Tim Penilai Kol Inf Sugiono membenarkan bahwa dirinya ingin membuktikan bagaimana Ketrampilan Babinsa dalam mengkategorikan penderita katarak dan pelaksanaan operasi gratis sebagai Bakti Sosial yang dilaksanakan setiap tahun, dan keahlian Babinsa seperti itu tentunya hanya di Jember ini yang ada, keunggulan-keunggulan seperti inilah yang menjadikan Kodim 0824 Jember memiliki keunggulan di tingkat Kodam V/Brw dan saat ini dinominasikan menjadi Kodim Utama Tingkat Nasional.

Kemudian anggota Tim Penilai juga sedang melaksanakan penilaian di tingkat Koramilnya yaitu Koramil 0824/04 Sukowono, di sana juga dinilai bagaimana pelaksanaan program dan non program kegiatan yang dilakukan oleh Koramil sebagai jajaran Kodim 0824 Jember.

Sejak kemarin saya telah menggali informasi dari berbagai pihak yang dibutuhkan bahkan dari Bupati dan Keepala Kejaksaan Negeri Jember kemudian ke Lokasi TMMD 98 melihat bagaimana pelaksanaannya dan apa tanggapan masyarakat di sana jadi itu semua nantinya kita akumulasikan menjadi satu untuk diadu dengan Kodim nominator lainnya dan diadakan penilaian oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Asisten Teritorial Kasad, Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) dan lain-lain untuk menentukan pemenangnya.

Tim Penilai dan rombongan didampingi  Letkol Inf Rudianto selanjutnya menuju ke PTPN XII Mumbulsari untuk menyaksikan tanda tangan kerjasama Kodim 0824 Jember dan PTPN XII Mumbulsari, dimana ada lahan yang selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat dan untuk menyelamatkan aset tersebut tentunya perlu program kemitraan yang saling menguntungkan, untuk itu PTPN XII Menggandengan Kodim 0824 Jember untuk membuat program penghijauan dengan tanaman produktif.

Kerjasama tersebut bertajuk Program Reboisasi PTPN XII Bersama Kodim 0824 sebagai upaya dalam penyelesaian masalah dengan memperhatikan kearifan lokal, lahan tersebut tetap diperbolehkan ditanami jagung, lobok dan lain-lain oleh masyarakat di sela-sela tanaman produktif seperti kemiri dan lain-lain, namun masyarakat harus tetap menjaga pohon kemiri yang ditanam dalam penghijauan tersebut tetap tumbuh subur dan nantinya dapat diambil buahnya.

Usai dilaksanakan penilaian tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto dalam tanggapannya menyampaikan bahwa dengan adanya penialai maupun tidak ada penilaian kita tetap melakukan tugas dan tanggung jawab kita dengan sebaik-baiknya, namun dengan adanya Kodim Jember ini dinominatorkan oleh Kodam V/Brw dalam Lomba Binsatter Tingkat Nasional tentunya merupakan amanah yang harus kita sukseskan bersama.

Saya bangga menjabat di Kodim 0824 Jember karena dengan didukung oleh anggota yang profesional, masyarakat yang kritis, bijak dan cerdas  serta jajaran Forkopimda yang sangat mendukung sekali sehingga segala kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0824 dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. Kata Letkol Inf Rudianto.

Pada kesempatan tersebut Letkol Inf Rudianto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan kerjasamanya selama ini sehingga Kodim 0824 Jember mampu melaksanakan kegiatan program maupun non program dengan baik dan lancar, Saya mohon restu serta bantuan do’a masyarakat Jember semoga upaya serta kegiatan yang sudah dilakukan Kodim 0824 mampu mengharumkan nama Jember dan Kodam V/Brw menjadi Kodim Utama dan terbaik ditingkat Nasional  dalam lomba Binsatter Tahun 2017. (sis24)

Comments

comments