Lindungi Tutup Busi Motor Di Musim Hujan

oleh -
foto: tutup busi (mpm motor)
foto: tutup busi (mpm motor)

Bekasi, sorotindonesia.com – Musin hujan seperti saat ini, busi merupakan komponen yang vital pada sepeda motor. Maka indungi tutup busi dengan baik untuk menghindari masuknya air yang berujung mogoknya kendaraan.

Berkendara menggunakan motor di musin hujan, apalagi menerobos genangan air akan beresiko motor mendadak mati. Biasanya disebabkan masuknya air pada busi karena tutup busi kurang terlindungi dengan baik.

Busi motor yang terkena air akan menghambat aliran listrik bahkan terjadi konsleting. Maka sepeda motor tidak dapat dihidupkan kembali.

Masuknya air ke tutup busi biasanya disebabkan karet atau cop sudah longgar atau mengalami keausan. Jika demikian segera bersihkan busi hingga kering menggunakan kain, kemudian pasang seperti semula dan nyalakan kembali mesin motor.

Sebaiknya agar tidak terulang kembali, lindungi tutup busi dengan isolasi khusus elektrikal pada sambungannya. Kemudian perkuat menggunakan pengikat kabel atau cable ties, hingga rapat dan kuat.

Dengan tips sederhana di atas, tutup busi akan terlindungi dengan baik dari masuknya air, meski kendaraan terus menerobos guyuran hujan dan genangan air di jalan. (wly)

 

Comments

comments