Lendy Wangke Resmi Jabat Tonaas Wangko Ormas Adat Brigade Manguni Indonesia

oleh
Lendy Wangke Resmi Jabat Tonaas Wangko Ormas Adat Brigade Manguni Indonesia
Tonaas Wangko BMI, Lendy Wangke (kanan), saat menerima tongkat komando.

SOROTINDONESIA.COM, Manado,- Pelaksanaan Apel Adat Wangko dan Pelantikan Dewan Pimpinan Tonaas Brigade Manguni Indonesia (DPT BMI) periode tahun 2018-2020 di Lapangan Tikala, Kota Manado, Jumat (24/8/2018), berlangsung meriah.

Kegiatan pelantikan tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus DPT BMI yang dilantik, organisasi sayap BMI, Forkopimda, Forum Lintas Agama, sesepuh Brigade Manguni, tokoh agama, tokoh masyarakat, barisan DPW dan DPD BMI serta tamu undangan.

Lendy Wangke, seusai dilantik sebagai Tonaas Wangko (Ketua Umum) DPT BMI oleh Walian Wangko, Renata Ticonuwu, di acara apel adat wangko, langsung menjadi inspektur upacara dan turun mengecek kesiapan peserta apel.

Diungkapkan pada kesempatan menyampaikan amanatnya, “Pada sore hari ini, Brigade Manguni Indonesia dapat melaksanakan salasatu amanat organisasi, yaitu pelantikan pengurus,” kata Lendy mengawali.

Brigade Manguni Indonesia, sambung Lendy, keberadaannya kini sudah 16 tahun, “Latar belakang pembentukannya adalah anti terorisme dan anti radikalisme,” ucapnya. “Seiring waktu berjalan, BMI adalah ormas adat satu-satunya yang terbuka, tidak memandang suku, agama dan ras, serta ormas adat satu-satunya yang diterima oleh pemerintah,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Lendy Wangke mengajak seluruh jajaran pengurus dan anggota baik ditingkat Wanua, Walak, DPD, DPW, dan DPT untuk berperan aktif didalam mendorong percepatan pembangunan. “Atas nama pengurus DPT BMI, mari kita semua berpegangan tangan untuk mengisi pembangunan di segala bidang bersama dengan pemerintah, setuju?” tanya Lendy yang langsung di respon oleh seluruh peserta upacara, “Setuju!” jawab peserta, singkat.

“Selain itu, mari jaga kelestarian NKRI dengan aman dan damai. BMI untuk semua anak bangsa di NKRI, oleh karena itu BMI satu untuk Indonesia, harga mati Pancasila dan NKRI!” pungkas Lendy.

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey pada pesannya yang disampaikan melalui Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara, M Onibala, pada acara itu menyebutkan, “Selamat atas pelaksanaan apel adat wangko dan pelantikan DPT kepada segenap komponen Brigade Manguni Indonesia diiringi dengan harapan kiranya pelantikan ini akan diikuti dengan komitmen dan karya terbaik dalam meningkatkan peran dan eksistensi BMI untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan bangsa tercinta ini,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, “BMI merupakan bagian tak terpisahkan dari kesatuan gerak dan arah bangsa Indonesia yang mendiami bumi Pancasila, dimana eksistensinya sejak didirikan hingga hari ini mampu mengawal dan memainkan peran strategis dalam konsep pembangunan daerah serta bangsa. Oleh karena itu, patut di apresiasi dan harus terus dimantapkan oleh segenap komponen BMI,” urainya.

Seusai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara seremonial pelepasan balon udara dan burung merpati, sebagai simbol menyampaikan pesan perdamaian. Serta ditampilkan pertunjukan barongsai dan kesenian adat. [St]

Pelepasan burung merpati dan balon ke udara di acara apel adat wangko dan pelantikan DPT Brigade Manguni Indonesia di Lapangan Tikala, Kota Bandung, Jumat (24/8/2018).
Pelepasan burung merpati dan balon ke udara di acara apel adat wangko dan pelantikan DPT Brigade Manguni Indonesia di Lapangan Tikala, Kota Manado, Jumat (24/8/2018).

Comments

comments