Ledakan Hebat Mewarnai Malam Takbiran Idul Adha Di Makassar

ledakan-hebat-mewarnai-malam-takbiran-idul-adha-di-makassar
ledakan-hebat-mewarnai-malam-takbiran-idul-adha-di-makassar

” Tiba-tiba saja sebuah Dentuman kuat, meluluh lantakkan dua buah ruko di Kota Makassar saat umat islam bersahut-sahutan menggemakan takbir di masjid-masjid pertanda hari raya idul adha 2016 menjelang”

 

Makassar–   Pantauan sumber SII di lapangan  ledakan kuat terjadi pada   hari Minggu (11/9 2016) sekitar   pukul 21.15 wita di rumah toko  milik sdr. Ester Litoi (nama diperoleh dari Data PBB di kelurahan) agen distributor gas LPG  jl. Harimau no. 13   kel.maricaya  Kec. Makassar, Prov.  Sulselbar.

Ledakan besar terjadi saat takbir jelang hari raya Idul Adha berkumandang di masjid. Belum diketahui secara pasti penyebab ledakan tersebut, namun pusat ledakan berada di dua ruko berlantai tiga, yang merupakan agen distributor tabung gas elpiji dan air mineral.

Suara ledakan keras dan getarannya bahkan terasa sampai radius hampir 2 kilometer. Akibat ledakan itu, aliran listrik di Kota Makassar padam sebagian.

Dua ruko yang menjadi lokasi ledakan tampak hancur. Pintu ruko yang berbahan besi terpental hingga ke Jalan Veteran Selatan yang jaraknya kirakira 300 meter.

 

Saksi Mata

 

Menurut keterangan sdr. H. Amir  jl. Harimau no 14. 43thn Pekerjaan penjual sembako ( tetangga agen distributor gas LPG 30kg dan 3kg)

Bahwa pemilik distributor orang Tionghoa dan tidak tinggal di TKP dan jarang berkomunikasi.

Getaran dan suara ledakan di dengar dan dirasakan radius 2 KM.

Sampai dgn Pkl 22.50 Wita Proses pemadaman api dan evakuasi Korban masih terus di lakukan oleh  Dinas pemadam kebakaran kota makassar.

Baca:   Satgas Gabungan Tinombala Kembali Tembak Mati Jaringan Kelompok MIT, Santoso

Penyebab kasus tersebut saat ini masih dalam proses penyelidikan dari Aparat Polrestabes Makassar.

 

Korban Ledakan

Korban ledakan Gas di salah satu pekerja Agen Gas Elpiji dan Usaha Air mineral isi ulang/Galon di Jl. Harimau No. 14 Kel. Maricayya.

Identitas sementara :

1. Sdr. Trisno 18 thn (luka bakar 36%), Alamat Jl. Ranggong Dg. Romo.
2. Sdr. Markus, 22 thn (luka bakar 50%), Alamat Jl. Ranggong Dg. Romo.
3. Sdr. Poli, 21 thn (luka bakar 26%), Alamat Jl. Abdullaj Dg. Sirua Mks.
4. Sdr. Yusuf, 22 thn (luka lecet pada mata kaki kiri/pergelangan bagian dalam dan Trauma), Alamat Tallo Mks.

Selain itu juga diilaporkan 1 orang korban  tengah  mengalami traumatis, disamping luka bakar yang dialaminya.

Keterangan Kapolda Sulselbar

 

Irjen Pol Anton Charliyan selaku Kapolda Sulselbar memberikan keterangan bahwa pihaknya mengkonfirmasi ledakan diduga kuat berasal dari tabung gas elpiji. “Ledakan berasal dari tabung gas dan bukan dari benda atau  bahan peledak lain” Terangnya.

“Kerugian belum bisa ditaksir, namun ada 3 korban korban ledakan dan saat ini telah dievakuasi oleh tim di lapangan dan dirawat di RS. Bhayangkara Makassar, selain itu rumah toko juga hancur akibat ledakan yang cukup kuat” Imbuhnya.

Ditambahkan oleh Anton, pihaknya masih melakukan penyelidikan dan akan memintai keterangan pemilik ruko usaha gas elpiji tersebut.

tim.SII (bhq)

 

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.