Lagi, Satgas Citarum Sektor 21 Cor Lubang Pembuangan Limbah PT Sinar Pangjaya Mulia Dan PT Asatex

oleh
Lagi, Satgas Citarum Sektor 21 Cor Lubang Pembuangan Limbah PT Sinar Pangjaya Mulia Dan PT Asatex
Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 saat melaksanakan penutupan lubang pembuangan limbah PT Asatex, Sabtu (8/9/2018). [Foto: dok. Istimewa]

SOROTINDONESIA.COM, Cimahi,- Jajaran Sektor 21 Satgas Citarum kembali bersikap tegas terhadap dua pabrik yang berada di Kota Cimahi, yakni PT Sinar Pangjaya Mulia di Jl. Mahar Martanegara dan PT Asatex di Jl. Industri. Kedua pabrik tersebut diketemukan telah membuang limbah dengan kondisi yang kurang optimal ke aliran sungai, sehingga lubang saluran pembuangan limbahnya ditutup dengan cara dicor, Sabtu (8/9/2018).

Kedua perusahaan tersebut sebelumnya sudah pernah dicor lubang pembuangan limbahnya oleh jajaran satgas pimpinan Kolonel Inf Yusep Sudrajat. Penutupan PT Sinar Pangjaya Mulia pertama kali dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2018 lalu, sedangkan PT Asatex pada tanggal 30 Juni 2018. Sekitar dua minggu setelah itu kembali dibuka lubang pembuangan limbahnya dikarenakan telah membenahi kualitas hasil olahan limbah dengan baik serta para manajemen pabrik telah menandatangani surat pernyataan sebagai bentuk komitmen untuk tidak membuang limbah dalam kondisi kotor ke aliran sungai.

Namun demikian, PT Sinar Pangjaya Mulia sekitar tanggal 28 Agustus 2018 dilakukan sidak oleh Dansektor beserta jajaran karena ada limbah kotor yang mengalir di sungai.

Setelah dilaksanakan pengecekan, selanjutnya para pimpinan perusahaan menandatangani surat pernyataan untuk mengoptimalkan hasil olahan limbahnya. “Kalau hasilnya sudah baik, kita hanya meminta komitmen pabrik dengan menandatangani pernyataan untuk konsisten membuang limbah dalam kondisi jernih sebagai bentuk dukungan terhadap program percepatan pengendalian pencemaran Sungai Citarum,” kata Dansektor kala melaksanakan sidak.

Diterangkan oleh Dansektor, “Pada hari, Jumat tanggal 7 September 2018, jajaran Subsektor 21-13 melaksanakan patroli sambil melakukan pengecekan ulang, dan menemukan pembuangan limbah PT Sinar Pangjaya Mulia serta PT Asatex berwarna abu pekat. Oleh satgas di videokan dan di dokumentasikan,” terangnya melalui pesan singkat, Sabtu (8/9/2018).

“Karena sebelumnya pimpinan perusahaan telah menandatangani komitmen, maka terpaksa lubang pembuangan limbahnya hari ini kita tutup,” tegas Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat. [St]

Comments

comments