KPU Tetapkan Pemenang Pilkada Walikota Dan Wakil Walikota Banjar

oleh -

Banjar, (SI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih pada Pilkada serentak 2018 Kota Banjar, Kamis (26/7/2018), bertempat di Gedung Graha Banjar Idaman (GBI), Kota Banjar.

Saat Konfrensi pers usai acara rapat pleno, Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis menyampaikan rasa syukurnya setelah sukses dan lancar melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Walikota dan Wakil Walikota Banjar pada pemilihan Kepala Daerah secara serentak 2018.

Alhamdulillah Pilkada di Kota Banjar berjalan lancar dan sukses, aman dan kondusif’, ujarnya.

Lanjut Danial, Kegiatan hari ini adalah puncak dari seluruh tahapan – tahapan Pilkada serentak yang diawali dengan pendaftaran pasangan calon, penetapan pasangan calon, kampanye, pencoblosan, rekapitulasi penghitungan suara dan yang terakhir sekarang adalah penetapan pasangan calon terpilih.

“Rapat pleno pasangan calon terpilih ini berpedoman pada PKPU 9 tahun 2018 pasal 54 ayat 5. Setelah menerima register dari panitera MK dan menuangkannya dibuku register perkara, setelah 3 hari keluarnya register dari panitera MK tersebut KPU Kabupaten/Kota melaksanakan rapat pleno terbuka untuk menetapkan pasangan terpilih”, jelasnya.

Danial menambahkan, setelah dilaksanakannya penetapan pasangan calon terpilih, untuk pengesahan dan pelantikan salasatunya KPU menyampaikan ke DPRD Kota Banjar sebagai rujukan atau bahan untuk dilanjutkan ke Gubernur Provinsi Jawa Barat dan Mendagri, sesuai diatur di UU 1 tahun 2015 pasal 160 dan 161A, tambahnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Ketua Panwaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman, mengucakan terima kasih kepada masyarakat Kota Banjar yang sudah ikut berpartisipasi dalam mengawasi Pilkada di Kota Banjar, ucapnya.

Irfan menandaskan, apa yang dihasilkan pada kontestasi Pilkada ini bisa di adopsi dikontestasi Pileg dan Pilpres 2019, supaya tetap menjaga kondusifitas dan tentunya memperhatikan etika dan estetika didalam berpolitik, tandasnya.

“Kami tetap mengajak kepada masyarakat untuk tetap mengawasi jalannya Pileg dan Pilpres supaya keadilan Pemilu itu bisa ditegakkan”, pungkas Irfan. (Herman)

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muklis (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Walikota terpilih Nana Suryana pada acara rapat pleno terbuka, (26/7/2018).
Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muklis (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Walikota terpilih Nana Suryana (kanan) pada acara rapat pleno terbuka, (26/7/2018).

Comments

comments