KPU Kota Banjar Launching Tahapan Pilkada Serentak 2018

oleh

Banjar, ( SI ) – Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar Launching tahapan pemilu Walikota dan Wakil Walikota Banjar 2018 Kota Banjar, Senin ( 13/11/2017 ), bertempat digedung Graha Banjar Indah ( GBI ).

Acara launching tahapan pilkada tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Asisten Daerah ( Asda I ) mewakili Walikota Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Wakil Ketua DPRD beserta anggota DPRD Kora Banjar, Kajari Banjar, Kapores yang diwakili oleh KBOP Polres Banjar.

Ketua Panwaslu beserta jajarannya, Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Forkopimda, perwakilan partai politik, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kota Banjar, PPK, PPS, Ormas dan LSM, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis, S. Pd. I, mengatakan, ini adalah suatu prosesi yang menandakan bahwa pilkada di Kota Banjar sudah berjalan, ucapnya.

Pilkada Kota Banjar 2018 mengambil tema ” Kujang ” artinya ” Ku Urang Jang Urang ” Kujang ini sebetulnya selain simbol pusaka kebanggaan masyarakat Jawa Barat, ini adalah sepadan dengan teori dasar Demokrasi ” Dari Rakyat Untuk Rakyat “, terang Dani.

Lebih lanjut Dani menerangkan, melalui momentum ini kami mengajak warga Kota Banjar, ini adalah peristiwa yang perlu kita maknai, terangnya.

Dani menjelaskan, untuk saat ini tahapan yang sedang berjalan adalah, pendaftaran Calon perseorangan yang dimulai dari tanggal 9 nopember dan pengembalian berkas tanggal 25 nopember 2017, jelasnya.

Jumlah hak pilih di Kota Banjar sekitar 160.000 orang, itu bisa bertambah atau bisa berkurang, kita akan sesuaikan dengan data DP4 dari Kemendagri melalui KPU Pusat dan disebarkan ke KPU Kabupaten/Kota, tambah Dani.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP, untuk segera melakukan perekaman, karena itu adalah syarat untuk menjadi hak pilih,” himbau Dani.

Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Yayat Hidayat, mengapresiasi kepada KPU Kota Banjar, dari 16 Kabupaten/Kota yang melaksanakan pilkada serentak 2018, KPU Kota Banjar adalah yang pertama, ucapnya.

KPU Provinsi Jawa Barat juga sudah siap untuk menggelar pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, dengan 32 juta hak pilih di Provinsi Jawa Barat, maka Pilgub Jabar 2018 nantinya bisa menjadi penghantar pemilu 2019, yang membutuhkan kesiapan ekstra, tentunya PPK dan PPS harus tetap komitmen dalam bertugas, terangnya.

Asda I Agus Eka Sumpena menyampaikan pesan Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, Kota Banjar akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2018, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjar 2018, ucap Agus.

Agus mengajak, masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, yang merupakan kewajiban bagi kita semua, untuk meneruskan pembangunan di Kota Banjar ke arah yang lebih baik, ajaknya.

Agus menegaskan, ” masyarkat agar untuk menghindari yang namanya golput, politik uang, dan sebagai warga Negara yang baik, tentunya kira akan menggunakan hak pilih kita dengan sebaik – baiknya, semoga KPU juga bisa berintegritas dan independen “, terang Agus.

Kursi pemimpin yang menggambarkan, kekuasaan merupakan milik rakyat, bukan milik salah satu golongan atau partai politik, maka launching adalah memasyarakatkan pemilukada, dan harapan didalamnya agar masyarakat keseluruhan mengetahui akan arti pemilukada, harapnya. ( Herman )

Comments

comments