KPU Kota Banjar Berkolaborasi Dengan OKP, LSM Dan Ormas Sosialisasikan Pilkada Serentak 2018

oleh -

Banjar, ( SI ) – KPU Kota Banjar bekerjasama dan berkolaborasi dengan OKP, LSM dan Ormas untuk mensosialisasikan Pilkada serentak 2018, KPU melaksanakan sosialisasi Pilkada dengan OKP, Ormas MPC PP dan AMS. Kerjasama ini untuk membantu dan mempermudah KPU dalam mensosialisasikan kepada masyarakat, acara tersebut dilaksanakan, Minggu (25/02/2018), bertempat di Rumah Makan Ibu Joko Purwaharja Kota Banjar.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis, Ketua AMS Distrik Kota Banjar Ateng Rusnandar, Ketua MPC PP Jojo Juwarno, beserta pengurus dan anggota AMS dan PP, juga menghadirkan 2 orang narasumber.

Ketua AMS Distrik Kota Banjar Ateng Rusnandar didampingi Ketua MPC PP Jojo Juwarno saat ditemui awak media usai acara mengungkapkan, sosialisasi ini adalah program KPU untuk bisa merangkul semua elemen, baik OKP, LSM maupun Ormas untuk bersinergi mengawal Pilkada ini supaya aman, tertib, lancar dan kondusif, kami pun mengapresiasi dan merasa bangga untuk Pilkada 2018 ini Ormas, LSM dan OKP dilibatkan, karena sebelum – sebelumnya baik Pilkada maupun Pemilu tidak pernah dilibatkan, ungkap Ateng.

“Kerjasama KPU dengan Ormas dan LSM ini untuk mempermudah KPU, karena LSM dan Ormas ini bisa menjadi kepanjangan tangan dari KPU untuk mensosialisasikan Pilkada serentak ini ke masyarakat yang ada di pelosok dan masyarakat yang ada di daerah, karena kami sangat mengerti KPU itu sangat terbatas anggotanya sedangkan Ormas dan LSM anggotanya menyebar ada ditiap daerah, target kita adalah penyelenggaraan Pilkada ini sesuai dengan harapan kita bersama dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan harapan masyarakat dan juga kedepannya akan lebih baik lagi”, lanjut Ateng.

Lebih lanjut Ateng menegaskan, dengan adanya sosialisasi ini besar manfaatnya, yang mana AMS dan PP bisa lebih dekat dan tetap bisa terjaga silaturahmi ini denhan baik, dan ini juga semoga menjadi kekuatan Kota Banjar dalam menangkis hal – hal yang akan merusak keamanan dan ketertiban dalam menghadapi Pikada serentak 2018 ini, kami LSM dan Ormas khususnya AMS dan PP akan menjaga keamanan dan kelancaran Pilkada di Kota Banjar ini, tegasnya.

Ketua MPC PP Kota Banjar Jojo Juwarno (kiri) dan Ketua AMS Distrik Kota Banjar Ateng Rusnandar, seusai gelaran sosialisasi Pilkada Serentak bersama KPUD Kota Banjar, (25/2/2018).
Ketua MPC PP Kota Banjar Jojo Juwarno (kiri) dan Ketua AMS Distrik Kota Banjar Ateng Rusnandar (kanan), seusai gelaran sosialisasi Pilkada Serentak bersama KPUD Kota Banjar, (25/2/2018).

Ditempat yang sama Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis menerangkan, Karena ini diatur di PKPU 8 tahun 2017 bahwa, dalam melakukan sosialisasi kita bisa melakukan kemitraan dengan komponen – komponen masyarakat lain, yang tentu manfaatnya adalah supaya beban kerja KPU untuk mensosialisasikan tentang Pilkada serentak ini menjadi berkurang, karena ada beberapa bagian – bagian yang bisa diperankan oleh teman-teman organisasi kemasyarakatan, diantaranya informasi-informasi dasar soal Pilkada, terangnya.

Lanjut Dani “tentang pemilih, seperti contoh kalau masih ada yang belum terdaftar diantara keluarganya saudara-saudaranya, tetangganya maka nanti mereka harus berkordinasi dengan penyelenggara ditingkat bawah, kedua tentang siapa yang dipilih, tentang pasangan calon ini juga perlu kami sampaikan, sehingga kemudian nanti masyarakat bisa betul-betul mempelajari visi misi dan programnya, ketiga kapan waktu kita memilih, jelasnya.

Dani menandaskan, “target yang pertama tersampaikan informasi dasar tentang Pilkada serentak, harapan kami reken – reken yang hadir ini bisa menularkan atau menyampaikan kepada masyarakat Kota Banjar, mungkin kita akan sangat terbatas kalau misalnya kita menghubungkan jumlah masyarakat dalam jumlah yang besar, lebih efektif itu menggunakan Tire Indonesia dari grup diadakan pendidikan sebaya, keluarga itu akan lebih efektif dan ini salah satu tujuan penting Kenapa kita membangun kemitraan dengan OKP dan ormas yang ada di Banjar”, tandasnya.

“untuk melakukan sosialisasi tenaga kependidikan pada intinya adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dan mencerdaskan pemilih, Karena poin-poin penting yang kita sampaikan juga dapat mengarah kepada bagaimana kita membangun kecerdasan pemilih”, tambah Dani.

Dani berharap, dengan sosialisasi ini kita bisa betul-betul memasifikasi informasi-informasi penting soal Pilkada serentak, Kemudian yang kedua bisa terwujudnya partisipasi aktif masyarakat dalam pilkada Kota Banjar ini, harapnya. (Herman)

Comments

comments