KPU Jabar : Media Memiliki Peran Penting Membangun Edukasi Demokrasi

oleh -
KPU Jabar : Media Memiliki Peran Penting Membangun Edukasi Demokrasi
Komisioner KPU Jabar, Nina Yuningsih, saat menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada insan media di gelaran Media Gathering di kolam pemancingan Cipaku Garden Hotel, Kota Bandung, Sabtu (15/9/2018).

SOROTINDONESIA.COM, Bandung,- KPU Jabar berkesempatan mengucapkan terimakasihnya kepada media cetak, online dan televisi yang selama ini ikut mensosialisasikan dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang tahapan Pilkada Serentak 2018 lalu.

Hal tersebut dikatakan oleh Nina Yuningsih, komisioner KPU Jabar, di acara silaturahmi dan media gathering yang digelar KPU Jabar di kolam pemancingan kawasan Cipaku Garden Hotel, Kota Bandung, Sabtu (15/9/2018).

“Saya secara pribadi dan kelembagaan KPU Provinsi Jawa Barat mengucapkan terimakasih yang banyak sekali, karena tanpa adanya media, apalah kami dalam penyelenggaraan Pilgub Jabar 2018 yang lalu. Sehingga kegiatan media gathering ini sebagai salasatu bentuk terimakasih kami yang mungkin sebenarnya tidak berarti dibandingkan kawan-kawan yang meliput kami, kemudian mendistribusikan informasi berbagai kegiatan dan tahapan yang dilakukan oleh KPU Jabar. Itu adalah hal yang luar biasa, berjam-jam berada di sekitar KPU Jabar bahkan berhari-hari, berbulan-bulan sampai tuntas tahapan penyelenggaraan Pilgub 2018,” kata Nina.

Ditambahkan oleh Nina, “Ini hal yang sangat kami apresiasi dan kami sangat menghargai pengorbanan kawan-kawan. Kemudian juga, tanpa adanya dukungan kawan-kawan semua yang selama ini memberitakan hal yang seimbang antara di luar dan di dalam KPU, baik positif dan negatif, itu tidak kami pungkiri karena berbagai kelemahan dan sumber daya yang terbatas,” tambahnya.

Keberhasilan penyelenggaraan Pilgub Jabar 2018, kata Nina, adalah meningkatnya partisipasi pemilih. “Meningkatnya partisipasi pemilih tidak lepas dari peran media. Bukan hanya hasil kerja penyelenggara saja. Media memiliki peran yang penting disini dalam mensosialisasikan dan melakukan edukasi demokrasi, di mana Pilgub Jabar mengusung tema sebuah wisata dan edukasi politik, meski target kami belum optimal dalam mewujudkannya. Namun demikian, ini adalah langkah awal dalam perhelatan demokrasi di tingkat Jawa Barat. Karena menyambung dari Pilgub ini kita akan melaksanakan pemilu serentak tahun 2019. Saya secara pribadi dan kelembagaan tetap mengharapkan kerjasama dan dukungan dari media untuk sama-sama mengawal penyelenggaraan pemilu serentak 2019 ini,” ajak Nina.

Kegiatan media gathering tersebut dilaksanakan cukup meriah, karena selain acara memancing dan hiburan musik, juga diselingi game-game menarik yang diikuti oleh awak KPU Jabar dan puluhan insan media, seperti diantaranya pertandingan sepakbola mini, tarik tambang, lomba lari menggunakan bakiak, dan lain sebagainya. [St]

  

Comments

comments