KPKB Membubarkan Diri Tepat Di Pergantian Tahun

oleh -

Banjar, ( SI ) – Komunitas Pembaharuan Kota Banjar ( KPKB ) secara resmi membubarkan diri tepat pada pukul 24.00, Minggu (31/12/2017), bertempat dihalaman Sekretariat KPKB Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman Kota Banjar.

Pembubaran dilaksanakan bertepatan dengan pergantian tahun, para wakil Tokoh Masyarakat, Wakil Parpol, LSM, Ormas berbaur dengan ratusan masyarakat memeriahkan acara tersebut. Pandangan masyarakat terhadap KPKB terungkap dalam sambutan disela – sela hiburan yang disuguhkan musik dangdut Jupen, pelopor musik dangdut koplo di Kota Banjar.

Dinamisator KPKB, Herher Rohilin menjelaskan pembubaran ini dilakukan sebagai bukti komitmen bahwa sejak awal KPKB hanya akan berkiprah satu tahun.
“Kami ingin menyampaikan pesan moral kepada masyarakat bahwa manusia harus komit dan senantiasa siap menerima konsekwensi atas dampak yang telah kita perbuat, Hak dan Kewajiban, jabatan dan kewenangan dan semua ada batasnya. Apapun hasilnya, selesai atau belum selesai agendanya, ketika waktu yang ditentukan sudah habis…ya berhenti. Toh jika Allah SWT mengijinkan, mungkin nanti masih ada kesempatan dan peluang lain untuk berkiprah”, jelasnya.

Seperti diketahui, selama satu tahun KPKB menampung aspirasi warga Kota Banjarterkait kebijakan pemerintah Kota Banjar, KPKB membingbing dan menyalurkan aspirasi itu melalui hearing atau auden. Beberapa agenda diantaranya persoalan dugaan penyimpangan Dana Desa Balokang dengan pihak Kejaksaan, masalah penganiayaan yang dilakukan Walikota dengan pihak Kepolisian, rencana pembangunan pabrik terkai Tata Ruang dengan DPRD Kota Banjar. “Banyak masalah lain yang dipertanyakan warga Kota BĂ njar yang disampaikan melalui media sosial seperti Face Book maupun WhatsApp, kami berupaya menyampaikannya sesantun mungkin, apa adanya secara faktual berdasarkan fakta dan data, kami siap bertanggungjawab atas apa yang kami luncurkan secara terbuka ke publik”, tandas Herher.

Herher Rohilin,” Perubahan itu bisa dimulai dari diri sendiri atau sebaliknya kita ikut berubah ke arah yang lebih baik dari apa yang kita coba ubah. Setidaknya dengan membudayakan komitmen dan senantiasa siap menerima konsekwensi terhadap dampak apa yang kita perbuat”.

KPKB memberikan pemikiran baru bagi partai dan mendorong keberanian masyarakat untuk mengungkapkan kebenaran. Pernyataan ini disampaikan Ketua Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) Kota Banjar H Mujamil. S. IP.

“Sampaikan kebenaran sekalipun pahit , hal ini memang tidak mudah , namun ternyata KPKB mampu melakukannya, sekaligus mendorong keberanian masyarakat untuk menyampaikan keritik dan saran terhadap kebijakan pemerintah. Saya menghaturkan penghargaan setinggi – tingginya kepada KPKB dan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas kiprahnya, semoga Kota Banjar mampu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik”, ungkapnya.

Mantan Wakil Walikota dua periode H Akhmad Dimyati. S. IP, meyakini meskipun KPKB menyatakan bubar, namjn ruhnya akan terus menggelorakan semangat perubahan menuju Kota Banjar yang lebih baik, ucapnya.

“KPKB merupakan salah satu pelopor pergerakan perubahan di Kota Banjar, meskipun wujud KPKB nya sudah menyatakan berakhir namun yakin hal ini menjadi awal pemicu bagi masyarakat untuk senantiasa melakukan perubahan – perubahan untuk mencapai hal yang lebih baik, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kiprahnya selama ini”, tambah Dimyati.

Cara yang berbeda dalam penyampaian pandangannya terhadap KPKB disampaikan Dr. Hj Irma Bastaman, pesan yang dibacakan oleh Riky yang mewakilinya mengungkapkan, bahwa perubahan Kota Banjar yang lebih baik merupakan satu keharusan, potensi yang dimiliki Kota Banjar dari berbagai aspek, sangat memungkinkan untuk mendorong Kota Banjar menjadi lebih baik lagi.

“Kota Banjar memiliki potensi untuk terus berkembang, semoga perubahan yang lebih baik akan segera terwujud. Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap rekan yang tergabung di KPKB, Bravo Kang Ajat… Bravo KPKB, I love you full…!”, ungkapnya.( Herman )

Comments

comments