KPAI Kecam Papan Reklame Promosi Rokok Yang Berdiri Dekat Sekolah

oleh
Papan reklame promosi rokok yang berdekatan dengan SDN Merdeka Kota Bandung

BANDUNG,- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) angkat bicara terkait pemberitaan ditemukannya reklame ( papan iklan ) yang memuat promosi produk rokok yang berdiri di Kota Bandung yang tak jauh dari lingkungan sekolah, Kamis (7/6/2018).

Ketua KPAI, Susanto, pada kesempatan tersebut mengatakan, anak harus dilindungi dari segala bentuk stimulasi dan promosi rokok. “Mengingat, rokok memiliki efek negatif bagi kesehatan. Tentu tak dibenarkan, tidak ada alasan yang membenarkan, jika media promosi rokok dekat dengan sekolah, “ kata Susanto kepada wartawan.

Susanto meminta pemerintah Kota Bandung fokus membangun budaya sehat didaerahnya. “Kami berharap pimpinan daerah concern dalam membangun budaya sehat di daerahnya termasuk bebas dari promosi rokok apalagi jika promosi rokok itu dekat dengan sekolah, itu tak dibenarkan,” tegas Susanto.

Sebelumnya media massa memberitakan, semrawutnya papan reklame di Kota Bandung yang mendapat sorotan dari berbagai pihak, termasuk para pemerhati, warga masyarakat sampai DPRD. Berbagai dugaan pelanggaran ditengarai dilakukan oleh para pemilik papan reklame tersebut.

Indikasi pelanggaran tersebut tidak hanya soal ukuran yang menyalahi regulasi, materi promosi produk rokok pun banyak ditemukan berada tak jauh dari kawasan bebas rokok seperti sekolah, rumah sakit dan rumah ibadah. Tidak jelas mengapa berbagai dugaan pelanggaran ini seolah dibiarkan dan dinas terkait seolah saling melempar tanggung jawab. [*]

Comments

comments