Koramil Jajaran Kodim 0814 Jombang Siaga Banjir

oleh

Jombang,- Banjir kembali menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Jombang, pada hari, Minggu (18/3/2018). Kecamatan yang dilanda banjir tersebut adalah Gudo, Jombang Kota dan Kecamatan Tembelang.

Di Dusun Gentengan, Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, ketinggian air bahkan hampir mencapai satu meter. Hal ini mengakibatkan sekitar seratusan rumah warga terendam air. Ditambah lagi kondisi air semakin bertambah.

Diiungkapkan oleh Kapten Inf Mustaji Danramil 0814/01 Kota, ” Air datang sabtu malam. Namun pada pagi hari, bukannya air surut, air malah semakin bertambah, “ujar Mustaji.

Banjir yang terjadi di Dusun Gentengan, Desa Pulo Lor dalam kurun waktu 3 bulan di tahun 2018 ini sudah 2 kali terjadi banjir. Peristiwa ini disebabkan dari intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengguyur wilayah Jombang selatan. Sehingga, air meluber yang menyebabkan rumah warga terendam banjir.

Bukan hanya itu, banjir juga menggenangi kawasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas. “Sungai yang melintasi tiga kecamatan tersebut meluap. Ketinggian air bervariasi antara 50 hingga 80 sentimeter,” ujar relawan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang. Dengan rincian, di Kecamatan Gudo, banjir menerjang Dusun Tukangan, Desa Gudo; Dusun Sekaru, Desa Sukopinggir, Desa Mentaos, serta Desa Mentaos.

Sementara di Jombang Kota, banjir paling parah berada di Desa Sambongdukuh, Tambakberas serta Pulo Lor. Sedangkan di Kecamatan Tembelang, banjir menerjang Desa Mojokrapak.

Personil Koramil jajaran Kodim 0814 Jombang terutama di Kecamatan yang terlanda banjir bersiaga dan langsung terjun ke lapangan beserta instansi terkait guna mengantisipasi dampak dari banjir sehingga tidak menimbulkan korban jiwa, seperti yang terlihat anggota Koramil 0814/01 Kota melakukan evakuasi Ibu Tumi (65) yang menderita sakit stroke dengan alamat RT. 02 RW. 01 Dusun Jombang Krajan Desa Jombang. (Penrem 082/CPYJ).

Babinsa dari jajaran Koramil Kodim Jombang bersama relawan membantu evakuasi warga yang terdampak banjir

Comments

comments