Kontingen Kopassus Juara Umum Kejurnas Yong Modoo Kasad Cup 2017

oleh

CIMAHI – Kontingen Kopassus akhirnya berhasil mengukuhkan diri menjadi juara umum Kejurnas Beladiri Militer Yong Modoo Kasad Cup ke -7 tahun 2017 yang dilaksanakan di GOR Moh. Toha Disjasad, Kota Cimahi, Kamis (31/8/2017).

Kontingen Kopassus pada gelaran kejurnas Kasad Cup ke-7 ini berhasil mendulang 3 medali emas dan 4 perak serta berhak membawa pulang Piala Bergilir Kasad.

Prestasi kontingen Kopassus datang dari atlet beregu putra yang pada pertandingan final terakhir mengandaskan ambisi atlet beregu putra Kodam XVI/Pattimura. Sebelumnya, Kontingen Kopassus meraih medali emas dari atlet kelas 55 Kg Putri atas nama Dwi Oktaviani dan Irwanto di kelas 60 Kg Putra.

Sedangkan medali perak untuk kontingen Kopassus yang supporter-nya dinilai paling atraktif ini, dipersembahkan oleh I Wayan Putra di kelas 65 Kg Putra, lalu Reonardo di kelas 75 Kg Putra, Ignasius Andreas di kelas 85 Kg Putra dan Uswatun Hasanah di kelas 65 Kg Putri.

Di Kejurnas Kasad Cup ke-7, Kelas RTG atau Kata Beregu Putra (3 orang) yang baru pertama kali dipertandingkan sepanjang kejurnas diadakan, berhasil direbut oleh tim dari Kodam XIII/Merdeka.

Yang menarik lagi, untuk pertama kalinya di ajang kejurnas ini, muncul atlet yang berasal dari Pengurus Daerah (sipil) yang berhasil merebut prestasi tertinggi meraih medali emas, diantaranya diraih oleh atlet Putri di kelas 60 Kg atas nama Riski Andriyani dari kontingen Pengda Sumatera Utara dan I Dewa Ayu di kelas +65 Kg Putri dari kontingen Pengda Bali.

Kejurnas beladiri militer Yong Modoo Kasad Cup ke-7 kelas +65 Kg Putri
Foto : I Dewa Ayu dari Pengda Bali saat dipertandingan final kelas +65 Kg Putri melawan Made Widia dari Kodam IX di Kejurnas Beladiri Militer Yong Modoo Kasad Cup ke-7

Pada kejuaraan Kasad Cup ke-7 ini, Medali emas lainnya diraih oleh Edi K di Kelas 65 Kg Putra dari kontingen Divif 2 Kostrad, Mahir di kelas 70 Kg Putra dari kontingen Kodam XIV, R Sembiring di kelas 75 Kg Putra dari kontingen Divif 2 Kostrad, Karlon GR. di kelas 80 Kg Putra dari kontingen Kodam XVI, Hendra di kelas 90 Kg Putra dari kontingen Kodam I/Bukit Barisan, Agustinus Heri S. di kelas +90 Kg dari kontingen Kodam IX, Pedro ST di kelas 85 Kg dari kontingen Divif 1 Kostrad, Helga Maria di kelas 65 Kg Putri dari kontingen Kodam V.

Pada akhir kegiatan, Penyelenggara Kejurnas Kasad Cup ke-7 dari Kodam III/Siliwangi, Pangdam III/Siliwangi melalui Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI YP Sembiring melaporkan kepada Kasad TNI Jendral TNI Mulyono bahwa kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28-31 Agustus 2017 ini berlangsung dengan tertib dan aman. Selanjutnya Kasdam membacakan hasil dari Kejurnas beladiri militer Yong Modoo Kasad Cup ke-7.

Kasad Apresiasi Pelaksanaan Kejurnas Beladiri Militer Yong Modoo Kasad Cup ke-7

Upacara penutupan Kejurnas Beladiri militer Yong Modoo Kasad Cup ke-7

Pada upacara penutupan Kejurnas Beladiri Militer Yong Modoo Kasad Cup ke-7 di GOR Moh. Toha Disjasad, Kota Cimahi, Kasad TNI Jendral TNI Mulyono pada amanahnya mengatakan bangga dengan pelaksanaan kompetisi ini yang penuh dengan semangat persaudaraan serta kebersamaan dan kekompakan.

“Kita bersama telah menyaksikan bahwa selama 4 hari ini peserta kejuaraan yang mengikuti pertandingan demi pertandingan, dilaksanakan dengan penuh semangat, bertanding dengan sportifitas yang tinggi sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat terselesaikan dengan baik,” ucap Kasad.

Menurut Kasad, hal itu perlu di apresiasi, karena kemenangan bukanlah satu-satunya tujuan akhir. Akan tetapi keuletan dan kemauan serta kekuatan tekad pantang menyerah untuk berkompetisi secara sehat serta selalu menampilkan performa yang baik untuk mengukir prestasi, itulah yang paling utama.

Lebih lanjut dikatakan oleh Kasad, “Keuletan, kegigihan, serta kerja keras yang ditunjukan dan aktif selama berkompetisi secara sehat dan sportif dan semangat juang yang tinggi tersebut, merupakan kebanggaan tersendiri,” ujarnya.

Keberhasilan pengda yang telah mengukir prestasi di kejurnas ini, Kasad juga memberikan apresiasinya. Kasad mengartikan pembinaan olahraga Yong Modoo telah merata di masyarakat.

Dalam akhir amanahnya, Kasad TNI Jendral TNI Mulyono mengingatkan untuk dilakukan evaluasi kembali hasil kejurnas kali ini, baik di perangkat pertandingan, peserta pertandingan (atlet) dan pendukung atau supporter agar di kejuaraan berikutnya bisa dilaksanakan dengan lebih baik.(*)

(Stanley Teguh)

Comments

comments