Kolonel Yusep Silaturahmi Dan Sosialisasi Citarum Harum Di Desa Padasuka Kutawaringin

oleh -
Kolonel Yusep Silaturahmi Dan Sosialisasi Citarum Harum Kepada Warga Desa Padasuka Kutawaringin

sorotindonesia.com, KAB. BANDUNG,- Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., laksanakan giat silaturahmi dan sosialisasi Program Citarum Harum kepada warga masyarakat Desa Padasuka, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh DLH Kabupaten Bandung, Robby Dewantara, yang juga selaku narasumber, Kecamatan Kutawaringin yang diwakili oleh Asep Hadian, Kepala Desa Padasuka, H. Apidin, para Ketua RW dan Ketua RT, warga, pegiat lingkungan dan Babinsa setempat, serta jajaran Sektor 21 Subsektor 10.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat pada kesempatan tersebut memaparkan terkait dengan program Citarum Harum, mulai dari awal permasalahan Sungai Citarum menyandang predikat salasatu sungai terkotor di dunia, terbitnya Perpres No.15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum, hingga progress yang kini telah berjalan untuk mengatasi permasalahan umum di DAS Citarum seperti antara lain lahan kritis, sampah, limbah industri, keramba jaring apung, kotoran hewan dan manusia, serta bangunan liar di bantaran sungai.

Tampak warga antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan oleh narasumber, yang diikuti dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan penyerahan bahan kontak Citarum Harum kepada perwakilan warga, doa, dan foto bersama.

Ditemui oleh awak media seusai kegiatan, Kolonel Inf Yusep Sudrajat menjelaskan, “Sektor 21 hari ini, Kamis tanggal 28 November 2019, melaksanakan sosialisasi Citarum Harum secara terpusat di Desa Padasuka, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Tadi kita sudah mulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan jumlah peserta kurang lebih 100 orang, diantaranya para Ketua RW, Ketua RT dan kader-kader pegiat lingkungan,” jelasnya.

“Kita berharap, dari peserta yang hadir ini menyebarkan ke orang lainnya. Sosialisasi ini penting, karena untuk merubah mindset warga masyarakat terkait penanganan sampah dan sebagainya, salasatu caranya ialah dengan kegiatan sosialisasi ini,” jelas Kolonel Yusep lagi.

“Di Sektor 21 kurang lebih sudah mencapai sekitar 160 ribu warga masyarakat yang tersentuh langsung sosialisasi, baik terpusat seperti ini maupun yang dilakukan door to door oleh Subsektor, yang ujungnya untuk mempersiapkan lingkungan yang baik untuk anak dan cucu kita di kemudian hari,” terang Dansektor 21 ini.

Kesempatan yang sama, Kepala Desa Padasuka, H. Apidin, menanggapi sosialisasi Citarum Harum di desanya mengungkapkan, “Sosialisasi Citarum Harum ini oleh Komandan Sektor 21 Kolonel Yusep Sudrajat sangat bermanfaat khususnya untuk saya dan jajaran RT, RW, serta warga masyarakat di desa kami,” ungkapnya.

Untuk pengelolaan sampah di Desa Padasuka, dijelaskan oleh H. Apidin bahwa didesanya baru ada bak sampah di dua RW, yakni di RW 03 dan RW 09.

“Alat pembakarannya sudah dibeli di RW 03, Alhamdulillah, sudah berjalan. Meski belum maksimal,” pungkasnya.[St]

Comments

comments