Kolonel Yusep Pimpin Gerakan Penanaman Pohon di DAS Cimande Sumedang

oleh -
Kolonel Yusep Pimpin Gerakan Penanaman Pohon DAS Cimande Sumedang

SUMEDANG,- Dalam rangka menyambut Gerakan Indonesia Bersih dan Hari Pendidikan Nasional 2019, Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang bersinergi dengan pelaku industri, Muspika Cimanggung, pelajar dan warga masyarakat, mengadakan kegiatan gerakan pungut sampah serta penanaman pohon di daerah Sungai Cimande, Kabupaten Sumedang, Kamis (2/5/2019).

Kegiatan dipusatkan di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, dan dihadiri antara lain oleh Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., Camat Cimanggung, H. Herry Harjadinata, Koramil dan Polsek Cimanggung, Kades Cihanjuang, Yuyus Yusuf, siswa SMP Yasta Bunter, serta perwakilan dari sejumlah perusahaan sekitar.

Untuk kegiatan penanaman pohon ini, bibit berasal dari PT Coca Cola Bottling Indonesia – Sumedang Plant (Coca Cola Amatil), perusahaan yang memiliki perhatian serius terhadap pelestarian lingkungan dan juga memiliki kebun khusus persemaian bibit dan fasilitas pembuatan kompos.

Pada kegiatan itu, Coca Cola menyerahkan sekitar 500 bibit pohon yang diterima secara simbolis oleh Kolonel Yusep yang kemudian dibagikan kepada seluruh komponen masyarakat yang turut hadir berpartisipasi dan selanjutnya ditanam di wilayah bantaran Sungai Cimande.

“Hari ini, Kamis 2 Mei, Sektor 21 bekerjasama dengan beberapa perusahaan yang ada di sekitar Kecamatan Cimanggung, Kab. Sumedang, serta warga masyarakat dan siswa dari madrasah, melaksanakan pembersihan lingkungan dari sampah dan melaksanakan penanaman pohon,” kata Kolonel Yusep saat diwawancara oleh awak media.

“Jadi, apa yang terjadi di Desa Cihanjuang ini ada beberapa titik lokasi yang ada banjir, yang diakibatkan karena penumpukan sampah dan juga kurangnya pohon-pohon besar untuk menahan air. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, masyarakat lebih sadar dan lebih bisa mengelola sampahnya dengan tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan aliran sungai terhambat dan kotor,” jelasnya.

Nah, kedua, masyarakat juga belajar menanam pohon, bukan menebang saja. Menanam untuk lingkungan supaya terhindar dari bencana-bencana dikemudian hari. Ini juga berkaitan erat dengan tugas Satgas Citarum Harum untuk mengembalikan ekosistem di DAS Citarum sesuai Perpres No. 15 tahun 2018,” terang Yusep.

Lebih lanjut Kolonel Yusep menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak termasuk pada Muspika, Para Kades, tokoh warga, hingga terlaksananya kegiatan ini.

“Penanaman pohon ini saya harap bukan hanya seremonial saja, tapi harus tumbuh dan harus dipelihara sehingga pohon ini bermanfaat dan tidak mubazir,” pungkas Kolonel Yusep.

Kesempatan yang sama, Camat Cimanggung Drs. H. Herry Harjadinata mengatakan, “Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Cimanggung sangat berterimakasih atas respon dari Satgas Citarum Sektor 21, Pak Kolonel Yusep,” katanya mengawali.

“Hari ini kita menyaksikan penanaman pohon, mudah-mudahan kedepan kita bisa pelihara tanaman ini untuk penghijauan disini,” ujarnya.

Diungkapkan oleh Camat, “Kendala di desa ini, beberapa hari lalu ada banjir. Ini karena masih banyak yang membuang sampah ke sungai,” ungkapnya.

“Kedepannya mudah-mudahan disini ada bantuan mesin pembakaran sampah, incinerator,” harapnya.[El|St]

Comments

comments