Kolonel Yusep Giat Silaturahmi Dan Sosialisasi Citarum Harum Kepada Warga Cibeureum Cimahi

oleh -
Kolonel Yusep Giat Silaturahmi Dan Sosialisasi Citarum Harum Kepada Warga Cibeureum Cimahi

CIMAHI, sorotindonesia.com,- Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat beserta jajaran Subsektor 21-13/Cimahi melaksanakan giat silaturahmi dan sosialisasi Citarum Harum di wilayah Kelurahan Cibeureum RW 16, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Senin (22/4/2019).

Dansektor pada kesempatan tersebut bertatap muka langsung dengan para tokoh warga dari empat RW dan elemen masyarakat di rumah Ketua RW 16, Ibu Tini Kartini.

Sambil duduk lesehan, pada pertemuan tersebut, Kolonel Yusep menyampaikan terkait dengan progress Citarum Harum khususnya di Sektor 21 dan rencana pembuatan mesin pemusnah sampah (incinerator) untuk kepentingan warga. Kemudian Dansektor mendengarkan masukan dan pendapat dari warga yang tinggal berdampingan dengan sejumlah pabrik disekitarnya seperti PT Gucci Ratu Textile (Guccitex).

Keluhan yang diutarakan warga antara lain bau menyengat dari pengolahan limbah pabrik dan abu pembakaran yang menciptakan polusi udara di area pemukiman warga, serta kebutuhan tempat pengolahan sampah.

Dijelaskan oleh Kolonel Yusep, pabrik agar lebih optimal dalam mengolah limbahnya, harus menambah kapasitas IPAL. Selain itu juga ia mengarahkan pabrik untuk membuat sarana pengolahan sampah modern ramah lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan bagi masyarakat sekitar, dengan tujuan utamanya sama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan silaturahmi yang dihadiri oleh sekitar 30 orang tokoh masyarakat dan warga tersebut berjalan dengan lancar, diselingi perbincangan ringan.

Diwawancara oleh awak media seusai kegiatan silaturahmi, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengatakan, “Sektor 21 saat ini melaksanakan kegiatan sosialisasi Citarum Harum di Kelurahan Cibeureum, RW 15, RW 16, RW 26 dan RW 27. Kemudian menyinergikan antara keinginan warga dengan rencana perusahaan yang akan mengembangkan fasilitas IPAL,” jelasnya.

Diterangkan oleh Kolonel Yusep, “Saya sebagai penengah disini, saya ingin menyampaikan keinginan warga dan keinginan perusahaan, sehingga kedua belah pihak saling diuntungkan. Di mana ada hal-hal yang diperlukan oleh masyarakat dalam hal ini untuk lingkungan, mulai dari fasilitas MCK, maupun incinerator untuk pembakaran sampah yang lebih ramah lingkungan,” terangnya.

“Kita sudah sepakat dengan PT Guccitex akan membangun hal tersebut untuk masyarakat. Jadi, dalam hal ini PT Guccitex juga akan mengembangkan IPAL ke wilayah yang ada di masyarakat. Saya pikir sudah tidak ada masalah, tinggal perizinannya dijalankan sesuai dengan mekanisme,” tutur Kolonel Yusep.

Insya Allah, proses ini saya akan kawal terus, hingga fasilitas bagi masyarakat bisa dibereskan,” tegasnya.

Dikatakan oleh Yusep lagi, “Jumlah rumah disini cukup padat, tadi saya tanya, satu RW sekitar 500 sampai 1.000 kepala keluarga. Tentunya sampah yang dihasilkan juga banyak, ada kesulitan-kesulitan untuk mengangkut, nah ini perlu diselesaikan di rumah warga, salasatunya dengan adanya Incinetator sebagai alternatif yang juga pernah dibuat oleh Sektor 21 di Nagreg, Kabupaten Bandung,” ungkapnya.

Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat bersama tokoh warga Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, saat diwawancarai wartawan seusai kegiatan silaturahmi di rumah Ketua RW 16, Ibu Tini Kartini, Senin (22/4/2019).

Kesempatan yang sama, Ketua RW 16 Tini Kartini menjelaskan, “Persoalan sampah ini sangat rentan, tapi sekarang ada Satgas Citarum juga yang akan membantu, mudah-mudahan pembangunan itu cepat terealisasi untuk menanggulangi sampah yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Senada dengan itu, ketua RW 26 Kelurahan Cibeureum menyebutkan, “Fasilitas pembuangan sampah masih kurang, jadi masih ada yang membuangnya ke selokan. Jadi, tadi dengan adanya sarana pengolahan sampah, kami sebagai ketua RW, itu sangat membantu. Semoga secepatnya dapat terealisasi,” tandasnya. [St]

Comments

comments