Kodam III/Siliwangi Adakan Evaluasi Dan Pengambilan Data Pada Lomba Antar Satuan

oleh

Cimahi,- Kodam III/Siliwangi adakan Evaluasi dan Pengambilan Data serta Lomba Ketangkasan Antar Satuan dijajaran Kodam III/Siliwangi yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Gunung Bohong, Cimahi, Selasa (9/1/2018).

Kegiatan pengambilan data dan lomba ketangkasan ini diikuti khususnya oleh Komandan Kompi (Danki) dan setingkat Danrai keatas di Satuan jajaran Kodam III/Siliwangi.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono pernah menyampaikan bahwa salah satu standar dari Prajurit TNI AD adalah jago perang, jago tembak, jago bela diri dan memiliki fisik yang prima.

Pengambilan data dan lomba ini dilakukan sesuai dengan level kepangkatan mulai dari Mayjen TNI Doni Monardo Pangdam III/Siliwangi yang langsung ikut bertanding bersama – sama seluruh Komandan Satuan mulai dari Danrem, Dandim serta Danyon.

Kegiatan ini untuk memperlihatkan seorang pemimpin akan lebih mudah memimpin bawahannya atau prajuritnya dibawah Komandonya apabila memang memiliki kemampuan, maka Prajuritnya akan mengikuti apa yang diperintahkan karena pimpinannya mampu melaksanakan tugas tersebut.

Bertanding semua level selama 2 hari mulai tanggal 8 sampai 9 Januari 2018, ada beberapa item yang dipertandingkan diantaranya mulai kemampuan menembak baik senapan maupun pistol, renang militer dan salah satu fisik yang dipertandingkan adalah berjalan cepat.

Ini dilakukan untuk memperlihatkan sekaligus untuk membawa dan menetapkan kemampuan standar Prajurit Kodam III/Siliwangi agar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Kasad.

Lomba diikuti oleh 5 Satuan dan 250 orang Perwira mulai dari Makodam III/Siliwangi dengan peserta yang tertinggi adalah Pangdam III/Siliwangi, Korem 061/Bogor sampai dengan Korem 064/Serang, bertanding sesuai level dari Pangkat Bintang Dua sampai dengan Prajurit Dua.

Bagi Prajurit yang terbaik akan diberikan penghargaan dari Pangdam III/Siliwangi yang bertujuan untuk memacu agar Prajurit terus berlatih dan berlatih.

Sedangkan menembak menggunakan senapan laras panjang dengan kategori sikap berdiri 10 butir, menembak pistol dengan penilaian 10 butir kemudian menembak dua plat terlebih dahulu baru menembak kesasaran, jelasnya.

Hari ini pelaksanaan kegiatan fisik yaitu jalan cepat yang diikuti seluruh peserta dengan menempuh jarak 1 km melintasi Lapangan Brigif 15/Kujang Cimahi.

(Pendam III/Siliwangi)

Comments

comments