KKPI Gelar Pelatihan Enterpreneur Industri Perikanan dan Kelautan

oleh -
KKPI Gelar Pelatihan Enterpreneur dalam industri Perikanan dan Kelautan

Bekasi, – Dalam rangka program Gemar Makan Ikan secara Nasional, KKPI (Koperasi Kelautan dan Perikanan Indonesia) bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Kabupaten Bekasi serta PT Multi Karya Sukses Sejahtera mengelar Pelatihan Enterpreneur dalam industri Perikanan dan Kelautan yang bertempat di Hotel Celecton Jababeka belum lama ini.

Pelatihan ini diikuti oleh 35 para pelaku UMKM dan pengolah produk ikan yang ada di Kabupaten Bekasi.

Wahyu Taqwa Dhea, Ketua Koperasi Kelautan dan Perikanan Indonesia (KKPI) yang ditunjuk oleh Kementerian Kordinator Maritim dan 4 Kementerian teknis untuk menjalankan program Gemar Makan Ikan secara Nasional, menerangkan bahwa KKPI akan menjamin kontinuitas dari supply hasil laut serta menjaga kualitas terbaik untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Dalam hal ini KKPI menjalin kerjasama dengan PT. Multi Karya Sukses Sejahtera, karena kesamaan visi dalam pembangunan ekonomi UKM dan keberhasilannya dalam mencetak para enterpreneur baru di Indonesia,” kata Wahyu.

Agus Trihono, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dalam sambutannya memberikan harapan yang tinggi bisa terlaksananya program ini dengan baik.

“Pemda Kabupaten Bekasi yakin dengan kemitraan yang dibentuk dengan pola kemandirian ini, selain peningkatan gizi dan ketahanan pangan masyarakat, dapat pula menciptakan para enterpreneur baru dalam produk hasil laut,” harapnya.

Sedangkan Eko Setiobudi, perwakilan PT Multi Karya Sukses Sejahtera, pada sambutannya mengatakan bahwa program kemitraan ikan merah putih ini mengadopsi program yang pernah dijalankan sebelumnya yang telah berhasil meningkatkan taraf ekonomi dan kehidupan para mitra.

“Para mitra akan mendapatkan pendampingan dan coaching tentang menjadi enterpreneur yang mumpuni nantinya,” terang Eko Setiabudi.

Kesempatan yang sama,Wendhy Nugraha, koordinator Program Mitra Ikan Merah Putih Wilayah Kabupaten Bekasi mengatakan bahwa Kabupaten Bekasi merupakan wilayah yang berkembang pesat.

“Kabupaten Bekasi sangat berpotensi dalam peningkatan konsumsi hasil laut,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, berkembangnya wilayah Bekasi harus diimbangi juga dengan penciptaan generasi penerus yang lebih baik asupan gizinya, salah satunya dengan peningkatan konsumsi hasil laut sejak usia dini.

“Target di setiap kelurahan minimal akan ada 1 mitra untuk distribusi hasil laut,” terangnya.

Dalam pelatihan tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan PT Multi Karya Sukses Sejahtera.

Nota Kesepahaman Kerjasama tersebut berisi antara lain,

1. Sosialisasi Program Gemar Makan Ikan untuk meningkatkan gizi masyarakat dan memperkuat ketahanan pangan,

2. Mengikutsertakan masyarakat dalam mendekatkan produk ikan laut kepada masyarakat melalui peran UMKM dalam pendistribusian produk laut,

3. Melakukan pendidikan tentang produk-produk laut khususnya produk frozen, yang di masyarakat masih berkembang informasi yang kurang tepat,

4. Memberikan motivasi dan pembekalan dalam pola marketing dan manajemen pemasaran yang tepat untuk para mitra ikan merah putih kabupaten Bekasi,

5. Menciptakan enterpreneur baru dalam industri perikanan dan kelautan.

Dalam acara tersebut hadir pula Kabid Peningkatan Mutu DKP Kab Bekasi, Ridwan Mulyana, dan Kabid Budi Daya, Dwi, serta pendiri PT MKSS, Hendrik Karosekali.(*)

KKPI Gelar Pelatihan Enterpreneur dalam industri Perikanan dan Kelautan

Comments

comments