Ketua Puskop Kartika Siliwangi Hadiri RAT 2018 Primkop Kartika Garut, Dorong Inovasi

oleh -
Ketua Puskop Kartika Siliwangi Hadiri RAT 2018 Primkop Kartika Garut, Dorong Inovasi
Ketua Puskop Kartika Siliwangi Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., memberikan sambutannya di acara pembukaan RAT Tutup Buku 2018 Primkop Kartika Garut yang dilaksanakan di aula Graha Bhakti Kodim 0611, Jl. Veteran, Kabupaten Garut, Selasa (30/4/2019).

GARUT, sorotindonesia.com- Ketua Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Siliwangi Kolonel Inf Yusep Sudrajat, S.IP, M.Si., hadiri kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primkop Kartika Garut tahun buku 2018 yang dilaksanakan di aula Graha Bhakti Kodim 0611/Garut, Jl. Veteran, Kabupaten Garut, Selasa (30/4/2019).

Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Irdam III/Siliwangi yang diwakili oleh Letkol Sukowiono, Kasdim 0611/Garut Mayor Inf Hamzah Budi Susanto dan Ketua Primkop Kartika Garut Kapten Saripin.

Dihadapan ratusan anggota yang hadir, pada sambutannya Kolonel Yusep mengajak para anggota untuk peduli kepada koperasi. “Koperasi itu soko guru ekonomi yang berazaskan kekeluargaan, mari kita sama-sama majukan koperasi disini,” ajaknya.

“Pengurus dan pengawas saya harap optimal melaksanakan tugasnya untuk kesejahteraan anggota, dan jangan ada aturan-aturan yang dilanggar,” kata Kolonel Yusep mengingatkan.

Kemudian ditekankan oleh Kolonel Yusep, “Manfaatkan RAT ini untuk mencermati setiap perencanaan dan pengesahan program. Semua harus paham dan peduli, karena koperasi adalah milik anggota,” tegasnya.

Untuk mewujudkan kepercayaan yang diberikan oleh anggota, dipesankan oleh Ketua Puskop Kartika Siliwangi kepada Ketua Primkop Kartika Garut, “Ketua Primkop inisiatifnya harus tinggi untuk mengembangkan unit usaha. Seperti inovasi dalam pelayanan kepada anggota dan bekerjasama dengan pihak lain yang memiliki badan usaha,” ucapnya mencontohkan.

“Mari kita jadikan koperasi ini menjadi organisasi yang menyenangkan, dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. Tidak boleh terjadi lagi ada rasa keterpaksaan, berinovasilah tanpa paksaan. Lakukan yang terbaik,” pesannya, memberi semangat.

“Kalian masih butuh koperasi kan?” tanya Kolonel Yusep pada seluruh anggota yang hadir, dan dijawab serentak, “masih”.

“Yang membesarkan koperasi itu adalah kita sendiri,” pesannya lagi.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, saya ucapkan kepada seluruh anggota selamat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan ini, mudah-mudahan membuahkan hasil yang maksimal kepada anggota,” pungkas pembina Primkop di jajaran satuan Kodam III/Siliwangi ini.

Kesempatan yang sama, Dandim 0611/Garut Letkol Asyraf Azis, S.Sos., pada sambutannya di acara pembukaan RAT yang dibacakan oleh Kasdim 0611/Garut Mayor Inf Hamzah B.S, mengatakan, “Rapat ini adalah hal yang mutlak dilaksanakan, karena merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi dan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu azas kekeluargaan dalam mengemban tugas mengelola Primkop Kartika Garut,” jelasnya mengawali sambutannya.

“Rapat Anggota ini sebagai momentum untuk menjadikan koperasi menjadi lebih baik, selain itu pengurus dipilih oleh anggota sehingga jadikan sebagai kehormatan dan kepercayaan, dengan demikian perlihatkan kinerja dalam melaksanakan tugas dengan penuh disiplin, jujur dan bertanggungjawab serta tidak menyalahgunakan wewenang dan jabatan yang sudah diberikan,” ujar Dandim.

“Semoga dengan adanya rapat ini, Primkop Kartika Garut akan semakin baik dan maju. Belajar dari pengalaman. Koperasi bukan milik pribadi atau perorangan, koperasi adalah badan usaha bersama untuk kesejahteraan anggota berdasarkan azas kekeluargaan,” terangnya.

Ditambahkan oleh Dandim, “Jadikan rapat anggota ini menjadi wahana komunikasi imbal balik antara pengurus dan anggota untuk mewujudkan koperasi yang dapat melayani dan menyejahterakan anggota,” tambahnya.

Kemudian Kasdim 0611/Garut mewakili Dandim membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan tersebut sekaligus memberikan waktu break bagi anggota selama 15 menit.

Ditemui wartawan seusai acara pembukaan rapat tahunan anggota Primkop Kartika Garut, Kolonel Inf Yusep Sudrajat menerangkan, “Hari ini kegiatan RAT yang rutin dilakukan, jajaran Puskop itu ada 84 Primkop di Jabar dan Banten. Untuk Primkop Garut ini baru dilaksanakan sekarang. Setelah break ini mereka akan melaksanakan rapat lanjutan untuk menentukan arah program koperasi setahun kedepannya. Baik itu perencanaan, target pendapatan, hasil SHU berapa, ya dimatangkan setelah ini,” terangnya.[St]

Comments

comments