Ketua APINDO Jabar Geram Lihat Limbah Yang Dibuang Industri Nakal

oleh

CIMAHI,- Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Jawa Barat (APINDO Jabar), Deddy Widjaya, geram saat berkunjung ke aliran sungai kawasan Jl. Industri (depan PT Garuda Mas), Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Didampingi oleh Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yusep Sudrajat. Deddy melihat langsung kondisi kualitas air sungai yang berwarna hitam pekat akibat terkontaminasi limbah yang disinyalir tanpa melalui proses IPAL yang baik.(16/5/2018).

“Ini limbah saya ambil dari sini,” ujar Deddy sambil membawa air berisi limbah didalam botol plastik dan menunjuk ke aliran sungai tempat sampel itu diambil.

“Inilah hasil dari industri yang tidak bertanggungjawab,” ucapnya geram.

Ketua APINDO Jabar, Deddy Widjaya (kiri), dan Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yusep Sudrajat (kanan), saat pengecekan aliran sungai di Jl. Industri, Kota Cimahi.
Ketua APINDO Jabar, Deddy Widjaya (kiri), dan Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yusep Sudrajat (kanan), saat pengecekan aliran sungai di Jl. Industri, Kota Cimahi. (16/5/2018).

Aliran limbah itu diketahui berasal dari satu saluran pembuangan air limbah PT Matahari Sentosa 1, PT Matahari Sentosa 2, PT GMP dan PT Mewah Niagajaya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Deddy, “Jadi kita itu sebagai pengusaha harus ada hati nurani, moral,” jelasnya.

“Jadi kita, juga aparat disini memberikan jalan dan solusi terbaik. Sebetulnya perusahaan sudah memiliki pengolahan limbah. Tetapi bila hasilnya seperti ini, diolah atau tidak?” tanya Deddy.

Deddy mengingatkan, “Jadi janganlah kita main-main saja, jaman itu sudah lewat,” ucapnya.

Ia berharap semua jadi perhatian, “mohon semuanya (pengusaha) bersungguh-sungguh dan jangan terulang lagi,” pesannya. Deddy menekankan para pengusaha untuk ikut berkomitmen mensukseskan dan mengembalikan Citarum harum. [St]

Kondisi aliran sungai di kawasan Jl. Industri, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, yang hitam pekat akibat terkontaminasi limbah yang dibuang oleh industri tanpa melalui pengolahan IPAL yang memadai.
Kondisi aliran sungai di kawasan Jl. Industri, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, yang hitam pekat akibat terkontaminasi limbah yang dibuang oleh industri tanpa melalui proses IPAL yang memadai. (16/5/2018).

 

Comments

comments