Kementan RI Bersama BNI dan Korem 082 Bersinergi Menuju Kekuatan Pangan Nasional

oleh

MOJOKERTO – Dalam rangka menuju kekuatan pangan di Indonesia, pada hari, Rabu (10/12018), bertempat di Aula Makorem 082/CPYJ dilaksanakan pertemuan antara Danrem 082 Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Gatot Iriyanto dan Direktur Bank Negara Indonesia (BNI) Adi Sulistiyo Wati didampingi Pemimpin hubungan kelembagaan Shadiq Aksya dengan para Dandim Jajaran Korem, Kepala Dinas Pertanian di Kota / Kabupaten se-wilayah Korem 082, para gapoktan dan pengusaha penggilingan padi dari Mojokerto, Jombang, Kediri, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.

Pada sambutannya di acara tersebut, Kolonel Kav Gathut menyampaikan selamat datang kepada Dirjen Tanaman Pangan yang sudah kesekian kalinya hadir di Korem 082. Danrem mengajak kepada para ketua Gapoktan untuk meningkatkan produtifitas tanaman padi agar kita benar-benar mampu mewujudkan swasembada pangan.

Danrem juga meminta agar para Ketua Gapoktan menyimak dengan baik penyampaian materi dari Direktur BNI Ibu Susi tentang Kredit Usaha Tani.

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel antara Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dengan narasumber dari BNI yang dipimpin oleh Pimpinan Divisi Kelembagaan, Sadiq Aksya. Dari diskusi ini muncul berbagai pertanyaan dari Gapoktan, salah satunya seperti yang disampaikan Kusnadi dari Trawas Kabupaten Mojokerto tentang syarat dan ketentuan mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani.

Dikesempatan itu, Bapak Karno Gapoktan menyampaikan terima kasih dengan adanya KUR Tani ini, karena akan sangat membantu menghindarkan para petani dari jeratan rentenir, hal ini di jawab oleh Dirjen Tanaman Pangan dan Ibu Susi selaku narasumber.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis kartu Kredit Usaha Rakyat yang diserahkan kepada Gapoktan, agen pupuk dan pengusaha penggilingan padi masing-masing oleh Danrem 082, Dirjen Tanaman Pangan dan juga Direktur BNI.

Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan Komitmen bersama oleh Dandim jajaran Korem 082, pimpinan Cabang BNI dan Kadistan. [*]

Comments

comments