Kasdam III/Siliwangi Memberikan Pengarahan Kepada Calon Taruna Serta Orang Tua Dan Wali

oleh -
Kasdam III/Siliwangi Memberikan Pengarahan Kepada Calon Taruna Serta Orang Tua Dan Wali

CIMAHI,- Ribuan pemuda Jawa Barat siap mendaftarkan dirinya untuk bergabung menjadi Prajurit TNI guna mengabdikan dirinya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui TNI.

Untuk mendorong hal tersebut, Kasdam III/ Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, S.IP, M.Tr (Han), memberikan informasi pemahaman dan pengertian tentang proses seleksi Calon Taruna dari mulai tahap pendaftaran hingga menuju ke seleksi-seleksi selanjutnya.

”Hari ini adalah hari dilaksanakan pemberian informasi atau pembekalan untuk para calon Taruna Akmil tahun 2019 dan orang tua atau wali,” ujar Kasdam di Lapangan Brigif, Kamis (25/4/2019).

“Seperti werving-werving yang dilaksanakan tahun sebelumnya, tahun 2019 ini juga akan menggunakan sistem penyeleksian yang sama dari tingkat pemeriksaan awal atau uji awal kemudian nanti dilanjutkan tingkat panitia pendaftaran daerah (Panda), dan bagi yang lolos dari seleksi Panda akan berlanjut mengikuti seleksi pusat di Magelang,“ jelas Kasdam.

Nanti pemeriksaan awal, lanjut Kasdam, dilaksanakan di Kodam III/Siliwangi di Mako 2, disitulah akan dilaksanakannya kegiatan pemeriksaan awal yang rencananya akan dilaksanakan dari mulai tanggal 29 April sampai dengan tanggal 9 Mei 2019 dan proses yang paling terakhir nanti tanggal 10 Mei dilaksanakan Parade untuk menentukan atau mengumumkan sesuai dengan alokasi menuju pemeriksa uji tingkat Panda, sebanyak 88 orang“.

Disebutkan oleh Kasdam, “Sampai saat ini animo dari Kota Bandung dan sekitarnya ada 760 orang, ini belum yang dari Korem-Korem. Sampai saat ini alokasi untuk Korem 061/SK Bogor ada 80 orang, Korem 062/TN Garut 50 orang, dan Korem Cirebon 70 orang, mereka akan bergabung pada saat nanti Parade. Jadi, seluruhnya animo pendaftaran tahun ini diperkirakan 1.200 orang,“ ungkap Kasdam.

“Setelah nanti pemeriksaan di Panda 88 orang, nanti akan diseleksi lagi menjadi 22 orang, 21 orang jurusan IPA dan 1 orang jurusan IPS. Kemudian disana nanti mengikuti seleksi Tingkat Pusat di Magelang “.

Kasdam menerangkan lebih lanjut, “Alokasi Taruna tahun ini keseluruhannya 350 orang untuk Panda Jawa Barat atau Kodam III/Siliwangi mendapat alokasi 22 orang, mudah-mudahan alokasi bisa bertambah apabila Panda yang lain animonya kurang,” harapnya.

Diingatkan oleh Kasdam, “Persaingan cukup berat, tetapi kalau adik-adik Calon Taruna ini mempersiapkan diri lebih awal dengan baik, kemudian sudah tau materi tesnya seperti itu, saya yakin ikut yang 22 orang tadi. Kalau memang masih belum beruntung, pengalaman tahun ini digunakan untuk tahun depan,” imbuhnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono selaku Ketua Panda melalui Kasdam mengatakan, “Seleksi penerimaan Calon Taruna ini tidak membayar, gratis dan tidak dipungut biaya. Karena para Calon Taruna itu merupakan calon pemimpin bangsa, jadi proses rekrutnya transparan dan serba terbuka, ini kompetisi siapa yang lebih siap dia yang akan berhasil“.

“Bagi para calon Taruna, anda sudah tau materi yang akan diteskan seperti itu, maka persiapkan diri, kalau memang belum maksimal, masih ada waktu untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin,” pesannya.

Turut hadir pada kegiatan ini, diantaranya Irdam III/Siliwangi, Kajasdam III/Siliwangi, Kaajendam III/Siliwangi, Danbrig 15/Kujang, Wakakesdam III/Siliwangi, Waaspers Kasdam III/Siliwangi, Wakaajendam III/Siliwangi dan Pabandya screening.****

Comments

comments