Kasdam III/Siliwangi Hadiri Pembukaan TMMD Ke-104 Di Kabupaten Kuningan

oleh -
Kasdam III/Siliwangi Hadiri Pembukaan TMMD Ke-104 Di Kabupaten Kuningan

KUNINGAN,- Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto menghadiri upacara pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 TA 2019 di Lapangan Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (26/2/2019).

TMMD sebagai salah satu wujud bakti TNI yang merupakan program kerjasama lintas sektoral antara TNI, Kementerian Lembaga, Pemerintah Non Kementerian dan Pemda serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan dalam upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah-daerah.

TMMD ini diselenggarakan dari tahun ke tahun dengan tujuan untuk memeratakan pembangunan nasional yang diantaranya membangun infrastruktur serta sarana dan prasarananya di daerah-daerah tertinggal, sehingga diharapkan dengan adanya TMMD ini dapat menyejahterakan masyarakat terutama masyarakat pedesaan.

Pada tahun 2019 ini, salah satu program TMMD yang diselenggarakan Kodam III/Siliwangi khususnya Korem 063/SGJ diselenggarakan oleh Kodim 0615/Kuningan, dilaksanakan di Kecamatan Cilebak, Kab. Kuningan, dengan membangun sasaran baik Fisik maupun Non Fisik.

Adapun sasaran fisik yaitu, Cor Rabat Laburan aspal jalan 1.610 m x 2,5 m, pengaspalan 1.999 m x 2,5 m, Pelebaran badan jalan 2,228 m, pembuatan gorong gorong TPT dan Riul 2 titik dan pembuatan TPT sebanyak 2 titik.

Selain sasaran Utama tersebut diatas, juga dibangun sasaran tambahan berupa rehab Mushola dan SD, pembuatan Pos Kamling, jambanisasi, pemasangan PJU, Rutilahu dan pembuatan irigisai.

Sasaran nonfisik berupa penyuluhan-penyuluhan diantaranya penyuluhan kesehatan, hukum, penanggulangan bencana alam, bahaya narkoba dan masih banyak yang lainnya.

Seluruh kegiatan tersebut di kendalikan oleh Dansatgas TMMD Kab. Kuningan yang dijabat oleh Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto, S.Sos., M.M.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H., M.A., yang bertindak selaku inspektur upacara, pada amanatnya menyampaikan, “Salah satu permasalahan yang berkembang di masyarakat adalah mulai menurunnya tingkat kegotongroyongan dan kebersamaan, oleh karena itu TNI sebagai bagian dari masyarakat berinisiatif untuk meningkatkan kembali semangat kegotongroyongan dan kebersamaan melalui kegiatan TMMD, ” ucapnya.

“Hal ini senada dengan tema yang diusung pada kegiatan TMMD ke-104 TA 2019 yaitu Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional,” ulasnya.

Kemudian, Bupati memberikan beberapa pesan, antara lain, ” Tingkatkan semangat kebersamaan dan kemanunggalan rakyat dengan TNI sehingga akan tercipta kondisi rakyat yang dinamis untuk membangun desa “.

Lanjutnya, “Tingkatkan semangat gotong royong dan swadaya masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang, tingkatkan fungsi dan peran kelembagaan di desa sehingga memiliki kemampuan untuk membangun dan memelihara hasil pembangunan, serta manfaatkan kegiatan TMMD ini sebagai teritorial untuk merebut hati rakyat dengan cara membaur dengan rakyat untuk mendapatkan kecintaan rakyat kepada TNI secara tulus dan ikhkas dan jadikan rakyat sebagai saudara dari seluruh Prajurit, ” pesannya.

Upacara pembukaan TMMD ke -104 tahun 2019 diselenggarakan oleh Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ Kodam III/Siliwangi ini dimeriahkan juga dengan Tari Kreasi anak-anak PAUD dari Desa Legokherang, Parade Drum Band SMPN 1 Subang Kuningan, Pesta Dadung yang dibawakan oleh Masyarakat Desa Legokherang dan ditutup dengan tari Gemufamire yang dilaksanakan secara spontanitas oleh seluruh peserta upacara, tamu undangan dan masyarakat sekitar.

Selesai upacara, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, Bupati Kuningan dan seluruh tamu undangan mengunjungi stand-stand yang telah disiapkan, yaitu stand pengobatan massal, stand Pameran Alutsista dari Yonarhanud 14 dan stand Pasar murah/Bazar yang berisi makanan-makanan khas Kuningan dan di akhiri dengan peninjauan ke Lokasi sasaran utama TMMD ke 104 di Kab. Kuningan.

Tampak hadir pada Upacara tersebut, Danrem 063/SGJ, Irdam III/Slw, Asren Kasdam III/Slw, Kainfolahtadam III/Slw serta para Dandim Jajaran Korem 063/SGJ. Kapolres Kuningan, dan Pejabat Jajaran Pemerintahan Kabupaten Kuningan.[*]

(Pendam III/Siliwangi).

Comments

comments