KASAD TNI Tutup Lomba Ton Tangkas Periode II TA 2017

oleh

BANDUNG – Kasad TNI Jend. TNI Mulyono menutup gelaran lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) periode II TA 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Pusdikif Pusenif Kodiklat AD, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (14/11/2017). 

Upacara penutupan yang dihadiri oleh para pejabat utama TNI AD, diantaranya Pangkostrad Letjen TNI Edi Rachmayadi, Dankodiklat Letjen TNI Agus Kriswanto, Irjenad, para Kasahli dan Asisten Kasad, Para Pangkotama, Para Dan/Dir/Ka Balakpus TNI AD serta Danpusdikif Pusenif, Kasad TNI Jendral TNI Mulyono pada amanatnya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras Dankodiklat TNI AD selaku ketua penyelenggara beserta seluruh jajarannya serta semua pihak yang sudah ikut berpartisipasi atas keberhasilan penyelenggaraan lomba ini. 

“Pada Lomba Peleton Tangkas ini, saya mengikuti dan menyaksikan secara langsung pelaksanaan tiap-tiap materi lomba. Saya bangga dan mengapresiasi para prajurit yang telah menunjukkan jiwa pantang menyerah bahkan tidak takut akan resiko demi membela nama baik satuan. Itulah kekuatan kalian, kekuatan seorang prajurit TNI AD yang memiliki loyalitas kepada pimpinan dan satuan ini akan melandasi loyalitas kita kepada Bangsa dan Negara,” puji Kasad.

“Penampilan kalian yang penuh semangat dan kerja keras dalam berkompetisi secara sehat dan sportif selama 12 hari ini, menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pembinaan satuan yang selama ini dilaksanakan oleh para Dansat di satuan. Dalam konteks bernegara, pembinaan satuan yang berjalan dengan baik adalah salah satu wujud tanggung jawab para Dansat dalam memelihara profesionalisme, sebagaimana tuntutan rakyat kepada kita institusi TNI AD. Semangat para prajurit yang ditampilkan dalam Lomba Peleton Tangkas ini, semakin meyakinkan saya bahwa prajurit TNl AD siap mengawal NKRI dengan segala resiko sebagai prajurit,” terang Kasad lebih jauh. 

Pada kesempatan memberikan amanatnya tersebut, Kasad juga berpesan kepada pemenang untuk terus memacu prestasinya agar lebih baik, “Dalam perlombaan tentunya ada yang meraih prestasi sebagai pemenang dan ada satuan yang belum berhasil meraih prestasi sebagai pemenang. Oleh karenanya, pada kesempatan yang baik ini, selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, saya mengucapkan selamat dan memberikan penghargaan kepada Yonif Para Raider 502/Ujwala Yudha Divisi-2/Kostrad yang berhasil menjadi Juara Umum Lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode ll TA. 2017. Pertahankan prestasi ini dengan sebaik-baiknya, jangan cepat berpuas diri dengan keberhasilan yang telah dicapai ini, melainkan sebaliknya terus melakukan pembinaan satuan secara konsisten dan berkesinambungan. Karena satuan yang belum meraih prestasi, akan berusaha untuk lebih baik pada masa mendatang,” pesannya.

Bagi peserta Iomba yang belum berhasil meraih juara, Kasad juga berpesan agar terus berlatih dan melakukan evaluasi agar bisa berprestasi di gelaran lomba Ton Tangkas berikutnya, “Jangan berkecil hati dan jangan patah arang. Pepatah mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, harus dijadikan motivasi, agar pengalaman ini akan memacu diri prajurit dalam menyiapkan satuan kalian dengan lebih baik Iagi, sehingga kemampuan kalian bisa meningkat dan dapat meraih prestasi juara pada Lomba Peleton Tangkas TA. 2018 mendatang,” ujar Kasad. 

Dilanjutkan oleh Kasad, “Bagi para Dansat, baik yang berhasil sebagai juara maupun yang belum, saya berharap dapat menjadikan momentum Lomba Peleton Tangkas ini sebagai sarana untuk mengevaluasi semua aspek, termasuk kepemimpinan untuk menguatkan komitmen kita bersama dalam membangun TNl AD yang semakin disegani, tidak saja dalam lingkup nasional, melainkan juga dalam konteks hubungan antar Negara,” ucap Kasad mengingatkan.

Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara Ton Tangkas dari 8 kategori yang di lombakan, disusul dengan penyerahan trophy dan hadiah lainnya oleh Dankodiklat Letjen TNI Agus Kriswanto.

Dankodiklat AD Letjen TNI Agus Kriswanto menyerahkan hadiah kejuaraan pada perwakilan satuan yang berhasil menjadi pemenang di semua kategori Lomba Ton Tangkas Periode II TA 2017
Dankodiklat AD Letjen TNI Agus Kriswanto menyerahkan hadiah kejuaraan pada perwakilan satuan yang berhasil menjadi pemenang di semua kategori Lomba Ton Tangkas Periode II TA 2017, Selasa (14/11/2017).

Selanjutnya, seusai pengumuman pemenang untuk juara umum ke 1, 2 dan 3, trophy dan hadiah diserahkan langsung oleh Kasad TNI Jend. TNI Mulyono dan dilaksanakan penyematan wibel tanda juara di bendera kesatuannya masing-masing.

Penyematan wibel oleh Kasad TNI di bendera kesatuan yang berhasil memenangkan lomba ton tangkas

Para kontingen juara tampak tidak dapat menahan rasa sukacita dan gembiranya, seusai proses penyerahan hadiah, di momen tersebut Kasad dan Pangkostrad langsung di arak oleh para peserta Ton Tangkas ke tengah lapangan. 

Juara umum untuk lomba Ton Tangkas Periode II TA 2017 ini diraih oleh kontingen Divif-2/Kostrad dari Yonif PR 502/Ujwala Yudha, Juara 2 di menangkan oleh kontingen dari Divif-1/Kostrad dari Yonif Raider 3O3/SSM, dan posisi juara umum ke 3 di rebut oleh kontingen Kodam XIV/Hsn dari Yonif Raider 700/WYC.

Daftar Juara Pelaksanaan Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) TNI AD Periode ll TA 2017

Perolehan Poin tertinggi dari masing-masing materi yang dilombakan, sebagai berikut :

1 . RENANG MILITER.

JUARA I : DIVIF-2/KOSTRAD DARI YONIF PR 502/UY.

JUARA ll ; DIVIF-1/KOSTRAD DARI YONIF R 303/SSM.

JUARA lll : KODAM II/SWJ DARI YONIF 142/KJ.

2. KESEGARAN JASMANI “A” (LARI 3200 METER).

JUARA I : DIVIF-2/KOSTRAD DARI YONIF PR 502/UY.

JUARA ll : DlVlF-1/KOSTRAD DARI YONIF R 303/SSM.

JUARA Ill : KODAM V/BRW DARI YONARMED 8.

3. MENEMBAK PlSTOL.

JUARA l : KODAM XlV/HSN DARI YONIF R 700/WYC

JUARA ll : KODAM XIII/MDK DARI YONIF 713/ST. ‘

JUARA Ill : DIVIF-1/KOSTRAD DARI YONIF R 303/SSM.

4. TEORI DAN APLIKASI lLMU MEDAN.

JUARA I : KODAM I/BB DARl YONARMED 2/105 BS.

JUARA II : KODAM XVII/CEN DARI YONIF 755/YALET.

JUARA Ill : DIVIF-2/KOSTRAD DARI YONIF PR 502/UY.

5. LINTAS MEDAN.

JUARA I : DIVIF-2/KOSTRAD DARI YONIF PR 502/UY

JUARA ll : DIVlF-1/KOSTRAD DARI YONIF R 303/SSM.

JUARA III : KODAM IV/DIP DARI YONARMED 3/105 TARIK

6. MENEMBAK SENAPAN.

JUARA I : DIVIF-1/KOSTRAD DARl YONIF R 303/SSM

JUARA ll : DIVIF-2/KOSTRAD DARI YONIF PR 502/UY

JUARA lll : KODAM JAYA DARI YONKAV 7/SERSUS

7. HTF.

JUARA I : KODAM XIV/HSN DARI YONIF R 700/WYC

JUARA II : KODAM XIII/MDK DARI YONIF 713/ST.

JUARA III : DIVIF-1/KOSTRAD DARI YONIF R 303/SSM.

8. HALANG RINTANG. 

JUARA I : DIVIF-2/KOSTRAD DARI YONIF PR 502/UY.

JUARA II : KODAM XIV/HSN DARI YONIF R 700/WYC

JUARA III : DIVIF-1/KOSTRAD DARI YONIF R 303/SSM.

PEMECAH REKOR LOMBA MENEMBAK PISTOL: LETTU INF SONY WALUYO DARI KONTINGEN KODAM XIII/MDK DENGAN NILAI 94, 002.

WAKTU TERCEPAT HALANG RINTANG : PRATU RUDI HARTONO S. DARI DlVlF-1/KOSTRAD DENGAN WAKTU 00:02:30,52.

PEROLEHAN KEJUARAAN 1, 2 DAN 3 SEBAGAI BERIKUT:

JUARA I KONTINGEN DIVIF-2/KOSTRAD DARI YONIF PR 502/UY.

JUARA II KONTINGEN DIVIF-1/KOSTRAD DARI YONIF R 3O3/SSM.

JUARA III KONTINGEN KODAM XIV/HSN DARI YONIF R 700/WYC

PEROLEHAN KEJUARAAN HARAPAN 1, 2 DAN 3 SEBAGAI BERIKUT:

JUARA HARAPAN I
KONTINGEN KODAM V/BRW DARI YONARMED 8.

JUARA HARAPAN II
KONTINGEN KODAM XIII/MDK DARI YONIF 713/ST.

JUARA HARAPAN lll

– KONTINGEN KODAM IV/DIP DARI YONARMED 3/105 TARIK

PEROLEHAN KEJUARAAN UMUM : KONTINGEN DIVIF-2/KOSTRAD DARI YONIF PR 502/UY.

Juara Umum Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) Periode II Tahun 2017 dari Yonif 502/UY Divif-1 Kostrad
Juara Umum Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) Periode II Tahun 2017 dari Yonif 502/UY Divif-1 Kostrad

[Rls/St]

Comments

comments