Kapolda Jabar Terima Gelar Satria Lanang Pasundan dari BOMA

Kapolda Jabar Terima Gelar Satria Lanang Pasundan dari BOMA

Bandung, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Anton Charliyan pada hari, Selasa (17/1) kemarin, menerima anugrah gelar Satria Lanang Pasundan dari Baresan Olot Masyarakat Adat (BOMA) Jabar.

Kapolda menerima gelar ini melalui acara seremonial singkat yang dilaksanakan di Mapolda Jabar Jl Soekarno Hatta kota Bandung, pada kesempatan itu beberapa tokoh dari Olot membantu mengenakan baju dan ikat kepala khas Jawa Barat kepada Kapolda sekaligus juga memberikan Kapolda cinderamata berupa kujang sebagai simbol keberanian dan membela kebenaran.

Tokoh BOMA yang hadir diantaranya datang dari Bandung, Banten, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan daerah lainnya di Jawa Barat yang menyatakan dukungan dan memberi semangat kepada Kapolda Jabar Irjen Pol. Anton Charliyan untuk terus maju dalam tugasnya dan penegakkan hukum terutama dengan munculnya desakan dari sebagian elemen masyarakat yang menginginkan Anton Charliyan dicopot dari tanggung jawabnya sebagai Kapolda Jabar.

Kapolda Jabar Terima Gelar Satria Lanang Pasundan dari BOMA

“Kami selama ini telah bersabar, dan melihat bahwa saat ini ada pihak yang sering menyudutkan pemerintah, seharusnya warga masyarakat taat pada pemerintah, aturan dan hukum”, ujar salah seorang tokoh Olot dari Tasikmalaya.

Pemberian dukungan dan gelar kepada Anton Charliyan ini berangkat dari fenomena di beberapa bulan terakhir ada situasi yang mengganggu ketentraman Jawa Barat terhadap gangguan ideologi, konstitusi, simbol negara serta keutuhan NKRI, hal tersebut membuat dewan kasepuhan masyarakat adat (BOMA) menggelar sawala luhung (musyawarah besar) yang dihadiri juga oleh Gerakan Hejo selama dua hari. Dari sini BOMA merekomendasikan untuk memberikan dukungan kepada aparatur negara agar dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya khususnya kepada jajaran Polri karena hal ini di rasa perlu untuk dijadikan penguatan terhadap tindak lanjut dan legitimasi publik.

“BOMA memberikan dukungan dan meminta pemerintah maupun Polri agar segera mengembalikan kerukunan dan kedamaian”, ucap Sekjen BOMA, Eka Santosa.

Dalam sawala luhung itu, Anton Charliyan secara pribadi sapuk oleh para tokoh Olot pada sawala luhung dan dinobatkan sebagai Satria Lanang Pasundan.

Kapolda Jabar Terima Gelar Satria Lanang Pasundan dari BOMA

Yang menarik, pemberian gelar Satria Lanang Pasundan di Mapolda begitu terasa heroik ketika beberapa tokoh Olot menyatakan dihadapan Kapolda Jabar bahwa mereka siap mempertaruhkan nyawanya untuk mendukung Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kapolda mengungkapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada pihaknya, “saya berterimakasih atas dukungan kasepuhan BOMA, saya tidak pernah merasa ragu dalam menjalankan tugas, dengan dorongan dari olot tentunya akan menambahkan semangat bagi kami”, ucap Anton yang sesekali menyesuaikan dengan menggunakan bahasa daerah.

Baca:   Rektor UNIBRAW : PMP Penting Masuk Kurikulum Lagi

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.