Kapolda Jabar Pimpin Rapat Persiapan Asian Games Di Kabupaten Subang

oleh

SUBANG,- Pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018, tidak lama lagi akan digelar di Indonesia. Indonesia sebagai tuan rumah telah mempersiapkan venue yang akan mempertandingkan nomor-nomor di 40 cabang olahraga (cabor), termasuk kesiapan pengamanan selama gelaran berlangsung.

Untuk suksesnya gelaran tersebut di Jawa Barat, hari ini, Selasa (17/7/2018), bertempat di Ruang Rapat Bupati Kabupaten Subang, Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si., melaksanakan rapat koordinasi persiapan didampingi oleh Kapolres Subang AKBP M Djoni, Pejabat Utama Polda Jabar, Pejabat Utama Polres Subang, Danyon 312/Kala Hitam, Muspida Kabupaten Subang, bersama Panitia Asia Games XVIII Inasgoc. Subang telah ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran pertandingan balap sepeda.

Pada rapat yang dipimpin oleh Kapolda tersebut, Kapolres Subang memaparkan bahwa perkiraan ancaman meliputi kemacetan, cuaca ekstrim, teror bom dan kejahatan C3. “Pola pengamanan kami lakukan preemtif, memberikan himbauan, pemasangan spanduk dan membagikan brosur tentang lomba balap sepeda,” kata Kapolres.

Dijelaskan lebih lanjut, sasaran pengamanan orang meliputi atlet, tim official dan pengunjung. Selain itu, hotel-hotel yang disinggahi dan lokasi yang dijadikan ajang balap sepeda.

“Untuk pengamanan kami siapkan sebanyak 976 personel. Rekayasa arus lalulintas, serta pengalihan arus dari wilayah Kalijati kita arahkan ke jalur tol. Gladi akan dilaksanakan H-1,” terang Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolda memberikan arahannya, “Konsep pengamanan untuk balap sepeda ini sangat berbeda, karena lokasinya outdoor. Untuk itu Kasatlantas harus tau berapa simpangan yang ada,” kata Kapolda.

“Untuk pengamanan personel, harus libatkan unsur TNI, baik di lokasi balap ataupun hotel yang digunakan para atlet. Rangkaian formasi acara berkoordinasi terus dengan Inasgoc,” pesan Kapolda.

Ditekankan lagi oleh Kapolda, “Khusus pasar, jumlah personel harus ditambah, supaya tidak sembarang orang bisa menyebrang. Untuk rumah sakit rujukan dimana saja, harus sudah didata. Dan evakuasi yang menggunakan helikopter dimana saja, siapkan dan koordinasi dengan Lanud dan panitia. Selain itu harus disiapkan perlengkapan dari sekarang untuk personel, jangan nanti pas hujan, personel berteduh,” ucap Kapolda.

“Kita sebagai tuan rumah harus bisa meyakinkan bahwa kita bisa menyelenggarakan,” kata Kapolda mengingatkan.

Sekitar pukul 15.50 Wib, rapat selesai, dilanjutkan dengan pengecekan jalur lintasan oleh Kapolda dan jajaran menggunakan sepeda motor berjumlah 18 unit yang terdiri dari Yamaha NMax dan Honda PCX, mengambil rute pengecekan dari Kantor Pemkab sampai dengan Kantor Kecamatan Jalancagak. [*]

Kapolda Jabar dan jajaran melaksanakan pengecekan jalur lintasan balap sepeda Asian Games 2018
Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si., beserta jajaran melaksanakan pengecekan jalur lintasan balap sepeda Asian Games 2018 di Kabupaten Subang, Selasa (17/7/2018).

Comments

comments